Doa dan Amalan untuk Menguatkan Hafalan

doa

1. Amalan untuk orang yang sering pelupa.

Bacalah dua ayat ini sebanyak seratus kali dalam sehari.

وَتَعِيَهَا أُذُنٌ وَاعِيَةٌ  (الحاقة 12)

Telinga yang peka akan mendengar peringatan Tuhan

سَنُقْرِئُكَ فَلَا تَنْسَى (الأعلى 6)

Akan kami bacakan (Al-Quran) padamu maka kamu tidak akan lupa

 

2. Do’a sebelum menghafal al-Qur’an.
Imam as-Syadzily menuturkan ”Di antara sebab yang dapat memudahkan dalam menghafal al-Qur’an adalah membaca bait syair dibawah ini:

كَلاَمٌ قَدِيْمٌ لا يُمَلُّ سَمَاعُهُ )*( تَنَزَّهَ عَنْ قَوْلٍ وَفِعْلٍ وَنِيَّةٍ

Al-Quran adalah firman abadi yang tak membosankan untuk didengarkan, ia suci dari segala ucapan, perbuatan, dan niat yang tidak baik

بِهِ أشْتَفيْ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَنُوْرُهُ )*( دَلِيْلٌ لِقَلْبِيْ عِنْدَ جَهْليْ وَحَيْرَتِيْ

Berkat al-Quran lah, saya disembuhkan dari semua penyakit, dan cahaya al-Quran menjadi lentera penerang hatiku dikala aku bodoh dan bingung

فَياَ رَبِّ مَتِّعْنِيْ بِسِرِّ حُرُوْفِهِ )*( وَنَوِّرْ بِهِ قَلْبِيْ وَسَمْعِيْ وَمُقْلَتِيْ

Maka dari itu, ya Allah hiburlah aku dengan rahasia huruf-hurufnya dan terangilah hati, pendengaran, dan mataku dengan cahaya al-Quran

وَيا رَبِّ يا فَتَّاحُ اِفْتَحْ قُلُوْبَنَا )*( وَفَهِّمْ بِهِ قَلْبِيْ عُلُوْمَ الشَّرِيْعَةِ

Wahai tuhanku yang maha pembuka, bukalah hati kami dan berikan kami pemahaman ilmu-ilmu syariat (agama)

وَصَلِّ وَسَلِّمْ يا إلَهِيْ لِمُنْذِرِ )*( عَدَدَ حُرُوْفٍ بالْقُرْآنِ والسُّوْرَةِ

Wahai tuhanku sampaikan shalawat serta salam kepada nabi pemberi peringatan sejumlah huruf dalam al-Quran dan surat al-Quran 

3. Bacaan ayat-ayat al-Qur’an untuk mempermudah menghafal.
Bacalah ayat ini sebanyak sepuluh kali dalam sehari, yaitu:

فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (الأنبياء آية 79)
Maka kami telah memberikan pengertian kepada Nabi Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Nabi Daud. Dan kamilah yang melakukannya.

Setelah membaca ayat tersebut bacalah do’a ini:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ -صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِمْ أجْمَعِيْنَ- ارْزُقْنِي الْفَهْمَ وَارْزُقْنِي الْعِلْمَ وَالْحِكْمَةَ وَالْعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Wahai tuhan yang maha hidup dan kekal, wahai tuhan Musa, Harun dan Ibrahim, Wahai Tuhan Muhammad saw berikanlah aku pemahaman, ilmu, hikmah, akal cerdas berkat rahmat-Mu wahai tuhan yang maha pengasih dari orang-orang yang pengasih

4. Faidah supaya kuat hafalan al-Qur’an dan pelajaran.
Dari Ibnu Mas’ud ra. Rasulullah saw. bersabda “Barangsiapa yang takut hilang hafalan al-Qur’annya setelah menghafal dan ilmu pengetahuan setelah belajar maka hendaklah membaca “:

اللّهُمَّ نَوِّرْ بِالْكِتَابِ بَصَرِيْ وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِيْ وَاسْتَعْمِلْ بِهِ بَدَنِيْ واطْلِقْ بِهِ لِسَانِيْ وَقَوِّ بِهِ جِنَانِيْ وَاشْرَحْ بِهِ فَهْمِيْ وَقَوِّ بِهِ عَزْمِيْ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ فَإنّهُ لاَ حَولَ وَلاَ قُوَّةَ إلاَّ بِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Ya Allah terangilah mata hatiku untuk al-Quran dan luaskan dadaku untuk al-Quran dan fungsikan tubuhku untuk al-Quran dan lancarkan lidahku untuk al-Quran dan kuatkan hatiku untuk al-Quran dan luaskan pemahamanku untuk al-Quran dan kuatkan tekadku untuk al-Quran berkat rekayasa dan kekuatanmu, karena tidak ada rekayasa dan kekuatan kecuali dari-Mu wahai tuhan yang maha pengasih dari orang-orang yang pengasih

Dan untuk menguatkan hafalan bacalah ayat ini, setelah selesai salat lima waktu:

{سنقرئك فلا تنسي} sebanyak 7 kali, dengan meletakan tangan kanan di kepala.

5. Do’a supaya jangan pelupa apa yang telah dihafal.
Sering-seringlah baca do’a ini, terutama ketika selesai salat:

اللّهُمَّ افْتَحْ عَلَيَّ فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْعَلَيَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِيْ مَا نَسِيْتُ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Ya Allah bukakanlah (hatiku untuk ilmu) sebagaimana terbukanya hati orang-orang yang makrifat melalui kebijaksanaanmu dan tebarkan untuk ku rahamat-Mu dan ingatkan aku atas ilmu yang aku lupa wahai tuhan yang memiliki keagungan dan kemuliaan

 

Dan bacalah do’a ini sebelum belajar:

اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ إلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، اللّهُمَّ أَخْرِجْنِيْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَأَكْرِمْنِيْ بِنُوْرِ الْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيَّ بِمَعْرِفَةِ الْعِلْمِ وَحَسِّنْ أَخْلاَقِيْ بِالْحِلْمِ وَسَهِّلْ لِيْ أَبْوَابَ فَضْلِكَ وَانْشُرْعَلَيَّ مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah aku titipkan ilmu yang telah engkau ajarkan padaku, maka kembalikan ilmu itu padaku ketika aku membutuhkannya dan jangan engkau melupakan ilmu itu pada diriku. Ya Allah keluarkan aku dari gelapnya prasangka dan muliakan aku dengan cahaya pemahaman dan bukakan pengetahuan untuk ku dan perbaiki akhlakku dengan kesabaran dan mudahkan aku untuk membuka pintu-pintu keutamaanmu dan tebarkan untuk ku gudang rahmatmu wahai tuhan yang maha pengasih dari orang-orang yang pengasih

6. Amalan dari Imam Nawawi.
Imam Nawawi menuturkan ”Barangsiapa yang sering lupa apa yang dipelajarinya, maka hendaklah ia memperbanyak: يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ

7. Amalan untuk mudah menghafal al-Qur’an.
Para ulama salaf menganjurkan supaya membaca ayat ini ketika mau tidur. Ayatnya yaitu, firman Allah swt:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ (البقرة : 164)

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia

8. Amalan Salawat untuk menguatkan hafalan
Bacalah Salawat ini setiap hari, yaitu:

الَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمِّدِنِ النُّوْرِ الْمُذْهِبِ لِلنِّسْيَانِ لِنُوْرِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا وَسَعَهُ عِلْمُ اللهِ

Ya Allah berilah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada baginda Nabi Muhammad sebagai cahaya yang menghilangkan lupa berkat cahayanya pada setiap kedip mata dan desah nafas sebanyak yang dijangkau oleh ilmu Allah.

9. Supaya cepat faham dan mudah hafal.
– Bacalah surah al-Fatihah sebanyak 41 kali pada waktu sahur (waktu sebelum salat Subuh).
– Bacalah Asma al-Husna ini setiap hari sebanyak seratus kali: ((يا مبديء يا خالق))

10. Supaya dimudahkan dalam setiap perkara.
bacalah ((يا لطيف)) pada Pagi dan Sore sebanyak 129 kali.

11. Amalan supaya dikabulkan do’anya.
Bacalah ((يا سميع يا بصير )) sebanyak seratus kali dalam sehari.

12. Agar dimudahkan menghafal.

Imam Sayyidina Hasan mengatakan ”Barangsiapa banyak membaca salawat ini, maka insyallah diberi kemudahan dalam menghafal:

صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِفْتَاحِ الْمَعَارِفِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ حَسَنَاتِ كُلِّ عَارِفٍ وَغَارِفٍ

Semoga rahmat dari Allah tercurahkan kepada nabi Muhammad sebagai kunci pengetahuan beserta keluarga dan sahabatnya sebanyak kebaikan setiap orang yang tahu dan orang yang mengambilnya.

13. Pesan-pesan Imam al-Ghazali, bagi siapa saja yang menginginkan kemudahan dalam menghafal, pesan beliau adalah:
1. Selalu melazimi ketaatan.
2. Meninggalkan maksiat.
3. Membaca al-Qur’an dengan melihat Mashaf.
4. Minum madu.
5. Makan buah kandar dicampur dengan gula.
6. Makan anggur kering yang berwarna merah sebanyak 21 biji pada Pagi hari sebelum makan yang lain.

Do’a Imam Abdullah bin Alwi al-Haddad ketika memulai pelajaran:

نَوَيْتُ التَعَلُّمَ وَالتَّعْلِيْمَ وَالتَّذْكِرَةَ وَالتَّذْكِيْرَ وَالنَّفْعَ وَالاِنْتِفَاعِ وَالإفَادَةِ وَالاِسْتِفَادَةِ وَالحَثِّ عَلَى التَّمَسُّكِ بِكِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ وَالدَّعْوَةِ إلَى الْهُدَى وَالدَّلاَلَةِ عَلَى الْخَيْرِ اِبْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللهِ وَقُرْبِهِ وَثَوَابِهِ بِسْمِ اللهِ

Disebutkan di kitab Hishnul Hashin pada hamisy kitab Khazinatul Asrar hal 105, juga di kitab Khashaishul Ummah Al-Muhammadiyah karya Sayyid Alwi al-Maliki, menjelaskan bahwa barang siapa yang ingin hafal alQur’an maka hendaknya melakukan sholat sunah empat raka’at di pertengahan malam(jam 12 mlm) jum’at atau sepertiga yang akhir, rakaat pertama setelah baca fatihah membaca surat Yasin, raka’at kedua setelah fatihah membaca surat ad-Dukhon, rakaat ke tiga setelah fatihah membaca surat as-Sajdah dan rakaat ke empat setelah fatihah baca surat al-Mulk, selesai sholat baca hamdalah dan bersholawat pada nabi serta membaca istighfar untuk mukminin mukminat lalu baca do’a”

اللّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَاأَبْقَيْتَنِي وَ ارْحَمْنِي مِنْ أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لآ يَعْنِيْنِي وَارْزُقْنِي حُسْنُ النَّظْرِ فِيْمَا يُرْضِيْكَ عَنِّي اَللّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ ذَاالْجَلآلِ وَالإِكْرَامِ وَ الْعِزَّةِ الَّتِي لآ تَرَامَ أَسْأَلُكَ يَاأَللهُ يَا رَحْمَانُ بِجَلآلِكَ وَنُوْرِ وَاجْهِكَ أَنْ تَلْزِمَ قَلْبِي حَفَظَ كِتَابَكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوْهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي وَ أَسْأَلُكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِالْكِتَابِ بَصِرِي وَتَطَاقَ بِهِ لِسَانِي وَتُفَرِّجَ بِهِ كَرْبِي وَتَشْرَحَ بِهِ صَدْرِي وَتَسْتَعْمِلَ بِهِ بَدَنِي وَتَقْوِيْنِي عَلَى ذَالِكَ وَتَعِيْنَنِي عَلَيْهِ فَإِنَّه‘ لآ يَعِيْنَنِي عَلَى الْخَيْرِ غَيْرُكَ وَلآ يُوَافِقُ لَه إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah rahmatilah aku agar mampu meninggalkan maksiyat selamanya, selama Kau kekalkan atasku, dan rahmatilah dari beban yang tidak berguna bagiku, dan berilah aku penglihatan yang baik terhadap apa yang Kau ridhai dariku. Ya Allah pencipta langit dan bumi yang memiliki keagungan dan kemulyaan, keperkasaan yang tidak berkurang. Saya mohon kepada Mu Ya Allah yang Maha Murah dengan ke Agungan Mu cahaya wajah Mu agar Kau tetapkan hatiku hafal Kitab Mu sebagaimana Kau ajarkan kepada ku, dan berilah kemampuan untuk membacanya sebagaimana yang Kau ridhai dariku, dan saya mohon kepada Mu agar Engkau memancarkan cahaya dengan Kitab Mu pada penlihatanku, dan berbicara dengannya lidahku, dan mengatasi dengannya kesulitan hidupku, dan melapangkan dengannya dadaku dan beramal dengannya badanku, dan menjaga diriku dengan semua itu, dan tolonglah atasnya karena sesungguhnya tidak ada yang menolong dalam kebaikan selain Mu dan tidak ada yang dapat menepati kecuali Engkau.

About these ads

19 Responses

  1. syukron, atas tips yang telah diberikan.

  2. Ustadz mohon ijin utk mengamalkan doa diatas ya.. syukron katsir.

  3. mohon ijazahx. . . . . . .

    • Ijazah utk umum, silahkan diamalkan

  4. pak sy mnt ijin ngopi doa2 d atas ,……………..syukron katsiron

    • Silahkan semoga bermanfaat

  5. assalamualaikum wr wb
    maaf pak klo bisa doa di atas dicantumi juga dengan artinya
    biar kita bisa paham apa yang dimaksud doa tersebut
    htr nuhun :)

    • Alhamdulillah doa dan amalan utk menghafal al-Quran yg terdapat dlm blog ini sdh berharakat dan ada terjemahannya, selamat membaca

  6. bolehkah kita melaksanakan do’a-do’a diatas?
    karena sepengetahuan saya menjalankan amalan2 itu harus ada guru yang mengijazahkan

    • Tdk ada aturan dlm membaca doa hrs ada ijazah, kecuali amalan tariqah tertentu. Silahkan diamalkan semuanya boleh.

  7. makasih pak atas do’anya ..
    banyak banget yang harus diamalkan, gpp lah .. :)

  8. matur nuhun zee…………

  9. pokoknya oke dech

  10. “AMALAN UNTUK MEGUATKAN HAFALAN ALQUR’AN”
    Disebutkan di kitab HISNUL HASIN pinggir/hamisy kitab KHOZINATU ASROR hal 105 bahwa,barang siapa yang ingin hafal alQur’an maka hendaknya melakukan sholat sunah empat raka’at di pertengahan malam(jam 12 mlm) jum’at atau sepertiga yang ahir,rakaat pertama setelah baca fatihah membaca surat yaasiin,raka’at kedua setelah fatihah membaca surat adDukhon,rakaat ke tiga setelah fatihah membaca surat assajdah dan rakaat ke empat setelah fatihah baca surat almulk/tabarok,selesai sholat baca hamdalah dan bersholawat pada nabi serta membaca istighfar untuk mukminin mukminat lalu baca do’a” ALLAHUMMARKHAMNI BITARKIL MA’AASII ABADAM MAA ABQOITANII WARKHAMNII AN ATAKALLAFA MAA YA’NIINII WARZUQNII KHUSNANNAZHORI FII MAA YURDIIKA ‘ANNII.ALLAHUMMA BADII’ASSAMAAWAATI WAL ARDHI DZALJALAALI WAL IKROOM WAL GHIIROTILLADZII(ada yg wal’izzatilladzi)LAA TUROOM AS’ALUKA YAA ALLAHU YAA ROKHMAANU BIJALAALIKA WANUURIWAJHIKAL ANTULZIMA QOLBII KHUBBA KITAABIKA KAMAA ‘ALLAMTANII WARZUQNII AN ‘ATLUAHU ‘ALANNAKHWILLADZII YURDIIKA ‘ANNI ALLAHUMMA BADII’ASSAMAAWAATI WAL ARDHI YAA DZAL JALLALI WAL IKROOM WA ‘IZZATILLADZII LAA TUROOM AS’ALUKA YAA ALLAH YAA ROKHMAANU BIJALAALIKA WANUURIWAJHIKA ANTUNAWWIRO BILKTAABI BASHORII WA ANTUTLIQO BIHII LISAANII WA AN TUFARRIJA BIHII ‘ANQOLBII WA ANTASHROKHA BIHII SHODRII WA AN TASTA’MILA BIHII BADANII FAINNAHUU LAA YU’IINANII ‘ALALHAQQI ILLA GHOIRUK WALAA YU’TIIHI ILLAA ANTA WALAA KHAULA WALLA QUWWATA ILLAA BILLAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZIIM.selesai.lakukan dan dawamkan inii minimal sampe lima jum’at,insyya allah kuat hafalannya dan tidak mudah hilang,ini saya terima dari guru tahfidz sya dan alhamdulillah masih saya amalkan.sekian mohon maaf dan mudah-mudahan ber manfaat.amiin

  11. jadikan yg terbaik

  12. Ana mhn ijazah doa doa diatas.Wal ajru alall0h..

  13. Ana minta izin ijazah doa2 di atas..Syukr0n..

  14. yang bener aja pak! mang tuntunan di atas ada dasarnya dari Rasulullah saw?………………………selama saya belajar kok gak pernah dapetin kayak gitu…syukron

  15. pak, kalo boleh saran.. untuk bacaan doanya tolong diberikan latinnya juga.. karena saya buka melalui mozilla saya kurang jelas cara membacanya..

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,166 other followers

%d bloggers like this: