Al-Quran Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang Kini Telah Hadir, Mari Bergabung!

Tak kalah dengan UIN Malang dan Unisma Malang yang keduanya telah memiliki lembaga pembinaan al-Quran berupa HTQ (Hai’ah Tahfidz al-Quran) dan JQH (Jamiyatul Qurra’ wal Huffadz), Universitas Negeri Malang juga telah mendirikan wadah baru yang bernama ASC (al-Quran Study Club) yang  dilaunching tanggal 29 Januari 2011 lalu di Aula kantor LEPPA (lembaga pembina pendidikan Agama). Sejumlah dosen dan sekitar 150 mahasiswa dan mahasiswi ikut hadir memeriahkan acara ini. Jumlah peserta dan hadirin launching perdana tersebut di luar dugaan panitia yang hanya menyediakan tempat untuk 50 orang. Hal ini menunjukkan tingginya animo mahasiswa UM untuk belajar al-Quran.

Sebagai organisasi ekstra kampus yang masih baru, ASC akan terus melakukan sosialisasi dan merekrut anggota sebanyak-banyaknya, demi memasyarakatkan al-Quran di kampus UM. Organisasi ini merupakan wahana penyiapan kafilah MTQ UM yang akan berkompetisi di tingkat lokal, regional maupun nasional, disamping juga mengakomodir mahasiswa/i yang memiliki bakat tilawah, tartil, kaligrafi, tahfiz, karya ilmiah dan fahmil Quran.  Kegiatan ini dikelola oleh para mahasiswa peraih juara pada MTQ lokal UM beberapa minggu yang lalu. Organasasi didukung oleh PR III dan Bagian Kegiatan Kemahasiswaan (Kesma) UM dan di bawah pembinaan dosen-dosen PAI UM, serta Lembaga Pembina Pendidikan Agama (LEPPA) UM. Ada beberapa program yang dilaksanakan:

1•  Program insidental, yang meliputi khotmil Qur’an dll
2• Program rutin mingguan, yang meliputi pelatihan Qiro’ah,  Tartil, Kaligrafi, Fahmil Quran
3. Program rutin bulanan, meliputi  try Out, sosialisasi, pembuatan buletin
4. Program rutin tahunan, meliputi karantina calon kafilah MTQ tk. regional dan nasional,  Pameran galeri kaligrafi,  Seminar tentang Al-Quran, Rihlah, MTQ intern UM.

5. Program layanan kursus untuk non anggota; (a) baca tulis al-Quran, dan (b) terjemah al-Quran

Organisasi ini juga membuka bimbingan/kursus baca dan terjemah al-Quran, baik berkelompok maupun privat untuk umum. Selain itu juga dibuka bimbingan kaligrafi dan tahfidz. Bagi anggota tetap akan mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya mengikuti semua bimbingan secara gratis. Bagi Anda, mahasiswa UM, yang berminat bergabung dengan ASC  ini, silahkan menghubungi Sdr. Aris Liswanto 085649881815

Berikut ini jadwal (sementara) pembinaan yang dilakukan secara rutin seminggu sekali:

JADWAL KEGIATAN ASC PUTRA

TARTIL QIRO’AH KALIGRAFI TAHFIDZ FAHMIL QUR’AN KARYA TULIS 

AL-QUR’AN

Hari Senin Rabu Senin Jumat Ahad Ahad
Jam 15.30 15.30 15.30 13.30 15.30 15.30
Tempat Masjid al-Hikmah Masjid al-Hikmah Masjid al-Hikmah LEPPA LEPPA LEPPA

JADWAL KEGIATAN ASC PUTRI

TARTIL QIRO’AH KALIGRAFI TAHFIDZ FAHMIL QUR’AN KARYA TULIS AL-QUR’AN
Hari Sabtu Sabtu Sabtu Jum’at Sabtu Ahad
Jam 09.30 15.30 13.00 13.30 08.00 15.30
Tempat Masjid 

Al-Hikmah

Mushola J9 LEPPA LEPPA LEPPA LEPPA
About these ads

5 Responses

  1. itu guru saya di bima dulu pak. kemudian H. Ramli, H fitrah Malik, beliau mungkin kenal. saya kenal pak Aji Adnin. tetapi sekarang infonya sudah kembali ke Bima pak

  2. terima kasih baget pak atas infonya. insyaallah dalam waktu dekat ini setelah ujian skripsi berlangsung saya akan mencoba menghubungi beliau yang tercantum namanya di atas. terimakasih pak. wassallam

  3. assalamualaikum…..
    saya dari luar kampus um, apakah saya boleh bergabung dalam kegiatan ini?

  4. assalamualaikum…………
    mohon maaf bila saya, melakukan kesalahan dalam mengujungi web ini,,,,,tetapi saya ingin bertanya pak,,,,klw mw ikut ataupun menjadi bagian dari ASC,,,,bagaimanakah syrat dan ketentuanya,,,,,,???? saya ingin mengasah bakat tilawah AL-Quran, karna dulu pernah menjadi peserta dalam lomba MTQ tingkat kab/kota BIMA,,,,,,,tetapi sejak kuliah di malang,,,,bakat itu tidak pernah saya asah,,,,,dan sekarang ham[ir tenggelam,,,karena bingung mencari bimbinganya dmn????

    • Waalaikumussalam, trm ksh mas Solihin sudi mampir di blog saya. Saya ikut gembira ada mhs UM lg yg punya talenta di bidang tilawah. ASC satu thn yg lalu memang serius ditangani oleh mhs. Namun akhir2 ini kurang diperhatikan oleh pengurusnya, meski demikian bbrp kegiatannya tetap jalan, misalnya tahfidz setiap selasa Siang msh jalan. Untuk tilawah, anda saya sarankan utk belajar ke salah satu pembina tilawah UM dan UIN, yaitu Ust. Adnin (beliau dari Bima jg, sering ngantor di Hai’ah Tahfidz Quran UIN Mlg). Silahkan terus dikembangkan bakat anda, semoga sukses.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,158 other followers

%d bloggers like this: