Madrasatul Quran Tebuireng, Pesantren Tahfidz (Putra) Terbaik di Jawa Timur

Oleh Syafaat

Kriteria seorang hafidz berkualitas biasanya dilihat dari (1) kelancaran hafalannya, (2) kefasihan bacaannya, (3) kesesuaiannya dengan kaidah tajwid dan qiraat, (4) keindahan lagu dan suara ketika membawakannya, (5) keluasan wawasannya tentang Ulumul Quran. Setidaknya lima kriteria itu yang saya temukan pada beberapa alumni Pesantren Tahfidz Madrasatul Quran Tebuireng Jombang (MQ). Sebagai contoh, ustadz H. Fathoni Mojokerto dan Ustadz H. Nurkholis Surabaya yang memiliki lima kriteria di atas. Beliau berdua pernah menjuarai Musabaqah Hifdzil Quran di Tingkat Nasional di era 80-an. Masih ada puluhan alumni MQ, yang memiliki prestasi serupa dengan dua orang pendahulunya.

Kesuksesan santri tidak bisa lepas dari kesuksesan pengasuh yang membinanya dan kesuksesan pesantren yang menaunginya. Pada tahun 2005 saya dan teman JQH (Jam’iyatul Qurra’ wal Huffadz, kini berubah HTQ, Hai’ah Tahfidz Quran) sempat berkunjung ke MQ guna melihat dari dekat proses pembelajaran di sana. Kami semua merasa kagum melihat proses pembelajaran yang ketika itu pada malam hari usai shalat Maghrib, ratusan santri dengan tertib membuat halaqah-halaqah kecil, berpasang-pasangan untuk saling mentashih dengan teman sebayanya. Meski kehadiran kami, tanpa sepengetahuan  para santri, nyaris tidak ditemukan senda gurau di antara mereka, juga tidak ditemukan santri yang berkeliaran, padahal mereka hanya diawasi satu dua guru saja. Subhanallah, indahnya pemandangan malam itu. Dengan kondisi semacam ini dan setelah mengamati banyak pesantren tahfidz, hati kecil bersuara: “inilah pesantren tahfidz terbaik di Jawa Timur, atau bahkan di Indonesia.

Tidak kalah mengesankan, beberapa santri di lantai dua sedang fokus pada fashohah dan qiraah sab’ah. Padahal pesantren ini sudah lama ditinggal oleh pengasuh utamannya karena dipanggil Allah swt, yaitu KH. Yusuf Mashar. Namun demikian seperti tidak ada yang berubah malah bertambah maju.

Setiap hari, dari bangun tidur sampai tidur lagi, para santri memang tidak lepas dari mempelajari Alquran. Usai shalat Subuh, para santri sudah harus setoran Alquran. Santri program hafalan menyetorkan tambahan hafalan baru, sedangkan santri lainnya menyetorkan bacaan baru. Setelahnya, para santri mengikuti pelajaran sekolah di kelas sampai tengah hari. Materi ajar di sekolah juga tidak lepas dari Alquran. ”Materi umum hanya 40 persen. Sementara yang 60 persen ilmu agama termasuk Alquran,” kata salah satu pengurus MQ.

Saat ini, dilingkungan pesantren telah terdapat MTs, Aliyah dan SMP. Usai salat ashar, santri kembali diharuskan mengulang bacaan Quran secara mandiri. Setelah magrib, baru dilanjutkan dengan mudarosah kelompok. Para santri membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang. Satu santri menjadi penghafal, satu penyimak tanpa mushaf Quran dan satu lagi menyimak dengan membuka mushaf Quran. Selepas shalat Isya, para santri mengikuti jam wajib belajar yakni mendalami materi ajar sekolah di kelas.

Keberadaan MQ tidak lepas dari Pesantren Tebuireng. Pendiri pesantren Tebuireng KH Hasyim Asyari sangat menyukai lembaga pendidikan Alquran. Dia juga sangat menyukai santri yang hafal Quran. ”Sekitar tahun 1923, di Tebuireng bahkan telah ada santri yang bergiliran menjadi imam salat tarawih sepanjang bulan Ramadan dengan bacaan Alquran sampai hatam.” Pada 1936, KH Wahid Hasyim mendirikan Madrasah Nidhomiyyah yang khusus mempelajari bahasa Alquran. Sampai akhirnya pada 15 Desember 1971, para kiai Tebuireng sepakat untuk membentuk MQ. Sebagai pengasuh pertama, diserahkan kepada KH Yusuf Mashar yang merupakan suami salah satu cucu KH Hasyim. ”Yang menjadi pengasuh pertama memang Abi (KH Yusuf Mashar, Red), tetapi untuk bangunan pondok, semuanya yang mendirikan KH Hamid Baidlowi, menantu KH Wahid Hasyim,” beber KH Abdul Hadi Yusuf.

Bagi Anda yang berminat mengetahui secara detail tentang kegiatan, pendaftaran, baiaya belajar di pondok ini, silahkan menghubungi langsung ke pengurus pesantren Telp: 0321-864071, atau lihat di web: http://www.mqtebuireng.com.

28 Responses

  1. syukron ustadz

  2. assalamu alaikum ust. syafaat, z mu’tashim sdh mencoba untuk menghubungi nomor yang ust kasih tapi tdk pernah diangkat teleponnya ketika saya memanggil, oleh karena itu bolehkah saya minta nomornya ustadz untuk menanyakan sesuatu untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

    • Hubungi sj salah satu ustadz disana, ust. Adib (085730990773)

  3. z mu’tashim ingin bertanya, berapa biaya pendaftaran dan bulanan ponpes tahfidzul qur an tebu ireng ?

    • Tanya langsung sj ke Telp: 0321-864071

  4. Asslmkm,,untuk putri yg sudah tamat Sma,,apa ada pondok tahfid,pz Qur’an di jombang,,?mohon infonya ustadz,,syukron

    • Bisa pilih pesantren Tambak beras (Bahrul Ulum) utk pengasuh ust. Yahya (menantu KH. Jamal)

  5. assalamualaikum
    uztazd, saya binti dari blitar , anak saya kelas 6 MI,saya kepingin anak saya bisa hafal al quran dan sukses didunia pendidikan,saya kepingin mulai smp anak saya mondok dan sekolah,mohon informasi tata cara pendaftaran dipondok pesantren tebu ireng

    • Maaf sy tdk tahu info detail, silakan tanya langsung ke pengurus PPMQ, Telp: 0321-864071, atau lihat di web: http://www.mqtebuireng.com.

  6. Trimakasih asatiz mq jombang

  7. Ma`af Ustadz…apakah bapak sudah pernah berkunjung ke Ma`had Tahfidh Qur an / MTA PP al amien Prendua Sumenep Madura..? …kalau boleh silakan bapak jalan2 kesana, dan selanjutnya buatlah perbandingannya dgn MQ Tebu Ireng ini…supaya bisa kami jadi kan bahan pembanding nantinya, kerena kami masih punya satu putra lagi yg akan dimasukkan ke Pondok Tahfidh … sangat berharap,

    Salaam…Kami di KEPRI.( Batam ).

    • Semoga sama baiknya

  8. Mq
    ……..yuo are is my memori

  9. ass.. ustad, saya cuma mau nanya.. kira2 gmana ea cara masuk adan cara pendaftaran a..trmksih

    • Mhn maaf, utk pertanyaan yg lbh detail silahkan berhubungan lgsg dg pengurus pesantren melalui: Telp: 0321-864071 atau dilihat diwebsite: http://www.mqtebuireng.com/

  10. Assalamualaykum ustad,saya ibu erny di batam,saya ingin mendaftarkan anak sy sbg santri di rumah tahfiz yg ustad pimpin,anak saya skrg kls 1 d madrasah,kira2 apa saja persyaratannya,dan apakah di rumah tahfiz juga mempelajari pelajaran umum?wassalam

    • Waalaikumussalam, saya bertrm ksh pd ibu yg memberikan kepercayaan pd saya, tp mhn maaf rumah tahfidz baru akan saya buka kira2 bln September (setelah idul fitri) krn skrg msh dlm proses membangun bbrp kamar baru. Dan selama ini bbrp santri saya dari kalangan mahasiswa tp tdk berdomisili di rumah, kadang dua kali seminggu mrk ke rumah saya. Saran saya, silahkan cari di tempat lain dulu, smg tujuan keluarga utk menjadikan putra-putri yg hafidz bs tercapai, amin.

  11. assalaamualaikum ustadz..mau nanya diusia berapakah seorg anak dikatakan tepat saat menerima keputusan utk menjadi santri pondok?apakah lulus SD atau usia remaja?
    saya sangat ingin putra sy mjd penghafal Al-Qur’an,dikarenakan suami melarang&ingin menyekolahkannya di skolah umum,sy jd khawatir jk keputusan yg akan sy ambil ini salah,mohon jwbn& bimbingannya..

    • Waalaikumussalam, sebetulnya anak itu tergantung orangtuanya, memang kalau dimasukkan pesantren usai lulus SD adaptasinya dg lingkungan agak lama termasuk adaptasi orgtua berpisah dg anaknya jg berat. Kemarin saya jalan2 ke pesantren Darul Ulum Jombang ternyata ada ribuan santri seusia SMP. Jadi idealnya usai lulus SD ke pesantren agar pendidikan SMA maupun Perguruan tinggi-nya nanti sdh terbiasa, dan tdk terkontaminasi pergaulan jelek di masyarakat. Terkait dg hafalan al-Quran, insyaallah memori otak di usia anak2 jauh lbh cerdas dan awet, oleh karena itu silahkan dicoba dulu dan orgtua hrs merelakan utk berpisah sementara. Seringkali yg menjadi penghambat justru orgtua yg over sensitif dan sadari bahwa hidup di pesantren itu tidak semewah dan senyaman tinggal di rumah sendiri. Namun ketika anak sdh kerasan, justru bagi dia pesantren adalah segalanya. Semoga harapan anda pd anak utk menjadi seorang “hafidz” tercapai.

  12. assalamu’alaikum ust, pendaftarannya berapa ya???? Infaq bulanannya berapa???????

    • Mhn maaf saya tdk mengetahui info detailnya, silahkan hubungi langsung pengurusnya di: 0321-864071

  13. Assalamu’alaikum ^_^
    mau tanya ustad, kalo saya baru lulus sma kmaren mau hafalan qur’an saja di Madrasatul Quran Tebuireng kira-kira bisa tidak ya ? Dan kapan bisa mulai mendaftar ? ingsyaALLAH tahun depan rencananya mau kuliah sambil mondok juga

    • Waalaikumussalam, tdk ada kata terlambat kpn-pun mulai menghafal tdk ada kata terlambat. Silahkan mau daftar kapanpun boleh, tp pondok tsb hanya utk putra sj blm ada putrinya. Utk lbh jelasnya silahkan menghubungi pengurusnya lgsg: 0321-864071, atau melihat web-nya: http://www.mqtebuireng.com.

  14. assalamualaikum
    ustadz saya alfithon kelas 3a pesanten modern alamin ibs
    saya mau tanya apakah MQ menerima santri jenjang madrasah aliyah dan apa persyaratan masuknya.,.,.,.,.,.,.>>>>>>>>>>?????

    • Kalau ingin tahu info yg lbh detil, silahkan buka: http://www.mqtebuireng.com/ atau telp ke pengurus pondok secara langsung: 0321-864071

    • makasih ustadz

  15. saya seorang santriwati kls 2 maa saya tdk sua pelAJARAN UMUM JD SETELAH saya lulus aliyah saya gak mau kuliah dulu.,.
    bgaimana pendapat anda????

    • Silahkan sj istirahat dulu, tp harus diisi kegiatan yg positif, saran saya kursus b.Inggris atau menghafalkan al-Quran 1 thn, niatkan utk melanjutkan kembali thn depan, jgn mau nikah dulu ya, insyaallah masa depan cerah.

Tulis komentar/Pertanyaan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 204 other followers

