Konsultasi Agama


Bagi teman-teman mahasiswa, guru, dosen, rakyat biasa, pejabat yang ingin mengkonsultasikan persoalan agama (Islam) dan keluarga sakinah atau curhat positif, dipersilahkan untuk mengisi pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan atau curhat tersebut akan dijawab oleh saya, teman-teman dosen PAI, para ustadz/kyai yang mampu menjawabnya. Hal merupakan salah satu upaya merealisasikan prinsip tawashaw bil haq wa tawashaw bish shobr di antara kita. Kepuasan saya tidak terletak pada kemampuan saya dan teman-teman menjawab pertanyaan, akan tetapi terbukanya kembali semangat berislam secara mudah dan menyenangkan. Jawaban dari pertanyaan akan tersaji di bawah kotak pertanyaan atau bisa dilihat dalam halaman tersendiri di sini. Bagi yang pertanyaan belum sempat saya jawab, mohon maaf sebesar-besarnya dan harap bersabar, insyaallah saya berusaha menjawab semua pertanyaan sesuai dengan kemampuan saya dan atas segala keterbatasan ilmu saya, juga mohon maaf dan sarannya (Syafaat)

 

446 Responses

  1. Assalamu’alaikum….
    Ust ada hal yang ingin saya tanyakan. Ada seorang ust yang anaknya jadi caleg, belakangan sang ustad seringkali minta agar anaknya dibantu ketika pemilihan dengan diiringi dengan kata2 tidak ikhlas kepada warga/jamaah atas ilmunya klw tidak dibantu. Bahkan dengan kalimat yang agak mengancam jika ada warga/jamaah yang tidak membantu. Bagaimana menurut Ust dan tolong diberikan dalilnya…
    Terimaksih banyk, wassalamu’alaikum…

    • Wss. Tdk ada kewajiban bg kita utk taat pd guru/pemimpin yg mengajarkan kemaksiatan pd Allah: لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق. Menurut saya, dg memaksa kita utk memilih calon tertentu adalah bagian dari mewajibkan sesuatu yg Allah tdk mewajibkannya. Kalau ingin tdk menyinggung perasaan guru, iya-kan sj tp kenyataannya anda punya pilihan sendiri.

    • Terimkasih banyak Ust atas pencerahannya…

  2. Askum Ust, bgmnkah doa n amalannya agar adik sy cpt dpt jodoh n nikah? syukron katsir.

    • رب لا تذرها فردا وأنت خير الوارثين baca sebanyak2nya

  3. assalamu alaikum pak…
    sy mmpunyai adik berusia 15 thn, kls 1 SMA, dia anak bungsu dari 5 bersaudara. mempunyai tabiat yang kadang mempunyai kami kakak2nya heran. disuruh shalat lgsung mmberontak, didiamkan malah ga pergi sms skali. begitupun klo disuruh hal-hal yang baik, misalnya belajar, menyapu, membersihkan rumah dll. Bulan lalu aku menyita hp nya karena sering menelpon sampai larut malam. Aku tanya siapa laki-laki itu, dia menjawab teman. selalu temen teman teman. kami kakak2nya menyarankan ke Bapak (ibu meninggal 2 thn lalu) di masukkan ke pesantren krn sebenarnya tipikal adik saya wktu SMP sangt baik. Shalat, tdk mau memakai bju seksi (sampai sekarang). jadi kami berpikiran mgkin pengaruh dari tmannya yg sering nelpon dia, jd sifatnya seprti uring-uringan setiap ditanya. mgkin jika dimasukkan di pesntren sifat basicnya akan kembali, ada yg lbh bisa menyentuh hatinya jika bicara dengan dia. Tapi bapak tdk setuju dgn alasan tdk bisa berpisah dengan dia. Mohon bantuannya ustads, apa langkah terbaik yg kami tempuh. terima kasih.
    wassalam

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,611 other followers

%d bloggers like this: