Konsultasi Tahfid Al-Quran


Bagi saudara-saudaraku seiman (santri, mahasiswa, pedagang, PNS, orang biasa) yang telah, sedang, mau menghafalkan al-Quran, mari kita berbagi di sini. Saling tukar pengalaman atau menanyakan problem dan kesulitan yang dihadapi. Siapa tahu ini menjadi jembatan dikaruniainya kita oleh Allah menjadi penghafal Quran atau anak kita atau mungkin cucu kita, Amin. Bagi Anda yang telah mengirimkan pertanyaan atau komentar, silahkan melihat jawabannya di bawah kotak komentar atau dengan mengklik jawabannya di sini. Mohon maaf bilapertanyaan Anda belum sempat saya balas, harap bersabar. (A. Syafaat)

450 Responses

  1. Assalamu’alaikum Ustadz.
    saya tinggal di tulungagung. anak saya sekarang masih usia 2,5 th dan rencana ke depan InsyaAllah saya ingin memasukkannya ke pondok tahfidz. mau tanya, sekiranya Ustadz tahu, dimana ya kira2 tempat/pondok pesantren yg bisa menerima anak saya yg masih berusia 2,5 th & disitu ada fasilitasnya untuk tinggal/asrama bagi anak2 seusia anak saya. terima kasih atas info lengkapnya/no HP yg bisa saya hubungi. Jazakumullahu wa ahsanal jaza’
    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Walaikumussalam, ada bbrp lembaga tahfidz untuk anak di Tulungagung seperti Baitul Quran dan Lembaga Manajemen Infaq (LMI), tetapi saya sendiri blm tahu banyak ttg lembaga tsb shg tdk bs merekomendasikan. Saran saya didik sendiri dulu anak2 hingga tamat SD baru setelah itu dimasukkan pesantren tahfidz terkenal seperti Al-Munawarriyah Malang, Madrasatul Quran Tebuireng Jombang, Sunan Pandanaran Yogakarta, Yanbu’ul Quran Kudus. Perbaiki dulu bacaan/tajwid anak2 sambil dimotivasi sdkt2 utk menghafal. Pada waktunya nanti mrk sdh siap, dan pasti sukses insyaallah.

  2. ustad bgmn spy hafalannya kuat sy menerapkan metode 1 hari 1 ayat menghafalnya mudah tapi juga mudah hilang

    • Hafalan mudah hilang krn tidak diikat dengan banyak melakukan murajaah (pengulangan) rutin, tidak ditashihkan kepada org yg punya hafalan surat terkait.

  3. assalamualaikum ustadz,
    saya mahasiswi di Malang, saya ingin memperbaiki tajwid saya dan menghafal Alquran, tapi saya tidak tahu tempat untuk belajar dan saat ini saya belum bisa mondok, mohon sarannya ustadz (terimakasih sebelumnya)

    • Silahkan belajar tajwid dan menghafal kepada nama2 berikut ini: ust. Syamsul Ulum (Joyo Suko blkg UIN), ust. Awaluddin Fitroh (Mergan dkt UNMER), ust. Sholihin (Dkt masjid Badut, dekat UM), ust. H. Asrukin (Klaseman dkt ITN).

  4. Salam, tadz, kami tinggal disebuah kota kecamatan dgn posisi ngontrak rumah. kami ingin trut khidmah pd alqur’an dng membuka rumah tahfidz tapi modal kami hanyalah diri kami dan 2 anak kami usia 2 tahun dan 8 bln. Mhon saran dan nasehat unk kami. Jazakumullah

    • Waalaikumussalam, saya sangat mendukung anda dan keluarga mau berkhidmah utk al-Quran, saran saya mintalah kerelaan dulu pd org2 terdekat krn sedikit banyak akan mengganggu ketenangan mrk dan menyita tenaga mrk, bila sdh ok, niati semata2 utk mengabdi bukan seperti kursus yg tiap bln para santri hrs membayar, kecuali mrk membiayai utk kepentingan mrk sendiri seperti bayar air/listrik/alat tulis. Selamat berjuang semoga sukses.

  5. Assalamualaikum ust..
    semoga ust senantiasa dalam karunia dan ridlo Allah.
    Saya M. Khamim, mahasiswa BSA UIN maliki semester V, yg alhmd kemarin mengikuti Taaruf Qurany ustadz.
    saya minta solusi dari ustdz, terkait niatan saya untuk menghafal al-Qur’an.walaupun saya sudah semester atas, tapi saya tetep ingin mlanjutkan niatan saya untuk bisa menghafal kalam ilah,karena sya merasa ini kesmpatan yg blum tentu ada dlain waktu, mengingat saya belum pernah mondok ustadz,
    tetapi sampai sekarang saya masih bingung mengatur waktu ustdz, karena dalam sehari, rata2 saya penuh dengan kegiatan padahal saya sangat ingin menghafal alquran..bagaimana solusi pengaturan waktu bagi saya menurut ustdz , dengan aktivitas rutin rata2 setiap hari sebagai berikut,
    - 03.30 – 06.00 : shalat malam, shalat shubuh, mengajar ngaji(privat)
    - 06.00 – 14.00 : persiapan kuliah,terus kegiatan di kampus
    - 14.15 – 15. 30: ngajar di madrasah
    - 16.00 – 17.00 : ngajar ngaji di TPQ
    - 19.00 – 20.30 : ngajar ngaji (privat)
    - 21.00 – 22.00 : belajar, persiapan materi kuliah

    atas penjelasan dan solusi dari ustdz, saya ucapkan terimakasih. mohon doanya ustdz, semoga niatan saya tetep istiqomah dan berhasil.
    wassalamualaikum.

    • Mas Hamim, hidup ini pilihan yg msg2 ada konsekwensinya. Saya melihat aktivitas anda begitu padat, utk mengahafal penuh 30 juz lumayan berat. Ada 2 pilihan yg hrs diambil: (1) kegiatan tetap tp cukup menghafal 2 juz + ayat pilihan saja, atau (2) kurangi kegiatan, fokus mengahafal 30 juz. Saran saya pengabdian pd masyarakat itu nanti saja stlh ilmu kita mumpuni dan kewajiban thalabul ilmi selesai, fokuskan pd menghafal secepatnya di tempat khusus dan dibimbing org yg khusus juga, insyaallah 2 thn selesai sambil kuliah.

  6. assalamulaikum ustadz,
    saya Rizqi Khairin Nisa, mahasiswi semester 5 di UIN Malang dan baru mau mulai menghafal.
    yang ingin saya tanyakan, terkait Al quran sebagai As Syifa, apakah boleh menggunakan ayat Al Quran untuk mengobati penyakit dengan cara-cara mistis atau terkesan seperti dukun, seperti menulis ayat di piring kemudian meleburkannya ke dalam air untuk di minum, atau menulis ayat di kertas kemudian dimasukkan ke dalam air dan diminum sampai kertas tersebut hancur???

    • Boleh sj menggunakan al-Quran utk pengobatan, tp caranya kalau bisa sesuai yg dipraktekkan Rasulullah, yakni setelah baca, meniupkannya ke air. Beberapa ulama ada yg menggunakan cara2 menulis rajah/jimat dari al-Quran sebagaimana yg disebutkan dalam kitab Syamsul Ma’arif al-Kubro karya Al-Buni, juga awfaq karya Imam Ghazali. Jd kesimpulan saya perbuatan mereka tdk syirik selama niatnya msh lurus yakni minta kesembuahan pd Allah.

  7. Assalamu Alaikum, Ustadz !!
    ustadz , ana tholib fi jami’ah uin maliki malang, hal fi hifdzi al qur’an . wajibun bian atarottabahu fil hifdzi???

    • إذا كنت تحفظ جزأ فلا بد أن ترتب في حفظه آية بعد آية، ولكن لا بأس بك أن تختار السور الخاصة للحفظ لغرض خاص أو لعدم الإمكان لحفظ الجميع. شكرا

  8. Asalamualaikum wr wb

    Ustadz menurut pengalaman sebaiknya mana terbaiknya yaang harus didahulukan dari juz 30 langsung ke juz satu , atau dari juz 30 ke 29 dst sampai juz satu. Terimakasih

    • Waalaikumussalam, sebetulnya sama sj dari blkg atau depan. Hanya sj kalau dr belakang (juz 30 dst) seandainya berhenti di tengah jalan, msh dpt bbrp surat utuh (krn pendek-pendek) dan ringan utk mempertahankan yg tersisa. Berbeda dg dari depan (surat Baqarah = 2,5 juz), ketika dpt 2 juz dan berhenti, akan sulit menjaganya krn belum utuh satu surat. Ibarat rumah, rmh utuh (meski kecil) mudah dirawat dibanding rumah besar tp separo jadi tanpa atap. Saya biasanya menyarankan ke murid2 utk mulai dari juz 30 sebagai alat tes kekuatan konsentrasi dan istiqomah mengahafal dlm waktu 1 bulan, jika sukses baru dilanjutkan ke juz 1, demikian seterusnya.

  9. assalamualaikum..
    afwan ustadz saya ini lulusan PM Darussalam Gontor, saya itu ingin sekali meneruskan studi saya ke perguruan tinggi yang dimana disitu terdapat program tahfidul qur’an, jadi saya bisa kuliah dan sekaligus menghafalakn alquran, kira-kira dimana ustad?

    • Waalaikumussalam, alhmdlh skrg sdh banyak kampus yg memberikan beasiswa kepada mhsnya, diantaranya UIN Malang, STAIN Tulungagung, Univ. Trunojoyo dll, saran saya di UIN Malang sj, sebab disamping ada beasiswa persemester juga ada lembaganya “Hai’ah Tahfidz al-Quran (HTQ) dan dibina oleh beberapa dosen.

  10. assalamualaikum ust. nama saya M.Fathur Rohman dri jombang.saya sudah 6th mnghfal AlQur’an.tp belum juga hatam.ditambah lagi sekarang saya kuliah.saya kesulitan untuk membagi waktu.mohon bimbinganya bagaimana cara menghafal alqur’an yang efektif bagi mahasiswa.

    • Waalaikumussalam. Masalah terbesar dlm mengahafal adalah kemalasan/tidak istiqamah dan selalu mencari alasan atas kegagalan tsb, sampai kapanpun orang seperti tdk akan sanggup menghafal al-Quran, krn dia tdk sanggup mengalahkan dirinya sendiri, apalagi menundukkan al-Quran. Lakukan perubahan besar dalam diri anda, paksa agar setiap hari murajaah 2 juz, menambah 1 halaman. Paksa utk mendatangi guru tahfidz minimal seminggu sekali, utk tashih sekaligus minta motivasi dan doa beliau. Utk jangka pendek, lakukan ini dulu. Selamat berjuang smg sukses.

  11. Assalam. maaf ustadz, nama saya hasan, saya sarjana S1 hukum Islam dan alhamdulillah tahfidz 30 juz, dan pengin mencari beasiswa s2 mohon informasinya kalo ada beasiswa s2 untuk para hufadz. mohon informasinya dikirim ke email saya elhasan83@gmail.com.
    terima kasih.

    • Insyaallah, kalau ada info beasiswa, akan saya sampaikan. Selama ini di UIN Mlg baru utk S1 sj. Dua thn yg lalu di Unisma Malang ada beasiswa utk S2 tp skrg tdk muncul lagi.

  12. Assalaamu’alaikum Ustadz,
    mohon do’anya Ustadz, semoga kami bisa istiqomah dengan Al-Qur’an. amin.

    • Amin, semoga diberi kekuatan utk melakukan dzikir al-Quran selamanya

  13. Assalamualaikum,,
    Salam kenal Ustadz..

    Saya dan istri ingin sekali menjadi bagian dari keluarga hafidz quran. usia kami sekarang sudah 26 dan 23. tetapi saya yakin tidak ada yang terlambat dalam belajar. Mohon informasi tentang guru Qur’an di daerah kami, Lamongan dan mohon saran dari ustadz berkenaan dengan maksud kami di atas.

    Wassalamualaikum..

    Misbakhul Munif

    • Saya sangat terenyuh sekali, anda bersama istri berkomitmen utk menghafalkan al-Quran bersama, saya yakin putra putri anda kelak menjadi ahlul Quran. Utk pesantren tahfidz di Lamongan, mhn maaf, saya belum mengetahui tempatnya (sebab saya bermukim di Malang). Sdh ada 2 ustdz dari Lamongan yg saya tanya, ternyata blm tahu jg.Semoga dlm waktu dekat segera ada jalan terang utk lebih mudah mengahafal.

  14. ass.. salam ukhuwah Ustadz…, gini ustadz.. anak sy skrg ini ada di salah satu pesantren tahfidzulQur’an di ponorogo, mulai kls 4 masuk pondok n saat ini kls 6 n sdh hafal 3 juz, akhir2 ini anak sy g tenang di pondok n maksa pingin pindah, tp tetap sy pertahankan krn sdh kls 6, anak sy g krasan krn di psntren tersebut peraturannya ketat n para ustadz yg mengurusi ma’had tersebut suka lepas kontrol kl ksh sanksi.. maklum para ustadz tersebut alumni salah satu pndk modern di pnrogo, itu yg membuat anak sy g nyaman.., dia minta pondok dimana ustadznya yg ngayomi, ngemong n g gampang ambil tindakan main hakim sndr… dan waktu tak tanya dia pingin mnerskan tahfidznya di MQ tebuireng, sehub.dg hal tersebut sy minta penjelasan atau info apa sj yg berkenaan dengan MQ, mdh2an anak sy cocok n mrasa nyaman shg konsent n istiqomah dlm bljrnya, lagipula sy jadi sering ke makamnya Alm. Gus Dur… tlg di kieim via email ya ustadz… , jazakumullah kkoir smg Allah merahmati segala aktifitas da’wah Ustadz… Aamiin….

    • Waalaikumussalam, salam kenal juga dari saya. Saya sangat sepakat kalau bapak mencoba memondokkan anak di MQ, karena termasuk pesantren yg menelorkan banyak orang hebat di bidang hafalan dan qiraat. Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link ini: http://cahayaqurani.wordpress.com/2012/06/18/madrasatul-quran-tebuireng-pesantren-tahfidz-terbaik-di-jawa-timur/

  15. Ass. Wr. Wb.
    pak Ust., kami tinggal di jember, anak saya sekrang masuk MTs kelas 1, di SDnya sudah hafal jus 30, ia meminta saya mencarikan tempat tahfizd Qur’an dan sampai sekarang saya belum menemukan, krn anak saya tdk mondok.barangkali pak Ustad tahu tempat tahfizd Qur’an di jember, mohon infonya. terima kasih.
    Wass. Wr. Wb.

    • Wss. Saya ikut senang anda punya cita2 yg mulia utk anak2. setahu saya di daerah Talangsari Jember (dekat alun2) di sana ada seorang hafidz terkenal yaitu Gus Muqorrobin, Gus Mukarrom, silahkan belajar kepada beliau.

  16. assalammualaikum wr. wb.
    pak ustad saya juga ada didaerah surabaya selatan, saya pingin sekeluarga bisa tartil al quran dulu lancar diteruskan tahfidz. yang mau saya tanyakan bisakah ustad atau santri ustad yg bisa ngajar sekeluarga di tempat saya. klo bisa minta tolong jadwal ama biayanya brapa ya tad? terima kasih ustad atas waktunya.
    wassalamualaikum wr. wb.

    • Waalaikumussalam, maaf, seandainya bapak di Malang mungkin saya bisa bantu, tapi kalau di Surabaya terlalu jauh utk membantu, coba saja tanya ke lembaga “Griya al-Quran” yg ada di Surabaya, biasanya menangani privat ngaji dan menghafal.

  17. assalaamu alaikum,

    kami pingin anak kami 2 orang (kelas 3 dan TK) bisa hafidz quran, adakah selain di jl. dinoyo dan siwalan kerto pesantrennya? yaitu di daerah masjid agung atau daerah wiyung, kedurus, ketintang agar dekat dari rumah.

    terima kasih

  18. assalamualaikum ust,
    punya daftar pondok tahfidz di daerah surabaya ?
    saya ingin mondok tahfidz di daerah surabaya tapi tidak tau tempatnya

    • 1. Sekolah Tahfidh Al-Qur’an Mutiara Islam adalah sekolah Tahfidh yang berdiri pertama di Surabaya. Tepatnya di Surabaya Selatan, Kelurahan Siwalan Kerto, kecamatan Wonocolo, Di Perumahan Jemur Andayani Kompleks gang IX/23 dan gang XXII/06. Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi kami di 0821.390.63.541.
      2. Griya Al-Quran, Jl. Dinoyo No. 57 Surabaya 60265
      Telp. (031) 567 6582, Email : Info@griyaquran.com

  19. Assalamu’alaikum ustad.
    Ustad saya mau tanya. Pp darul Qur’an singosari malang dengan PPQ nurul huda singosari malang itu sama to ustad?seumpama kalau beda, itu yg membedakan apanya ya?
    soalnya saya bingung ingin mondok kesana?mhon solusinya ustad?

    • Waalaikumussalam, secara umum tdk ada bedanya dari keduanya krn sama2 mengajarkan tahfidz al-Quran. Saya sendiri blm tahu dalamnya PP Nurul Huda, cuma yg saya dengar jumlah santrinya lebih banyak (sekitar 300 santri) dan yg menghafal al-Quran kurang dari separo, sementara di Darul Quran jumlah santrinya sekitar 150 santri dan 90 persen menghafal. Dari segi posisi pesantren, Nurul Huda dekat pasar Singosari, dekat jalan raya dan dekat sekolah Maarif, kalau di Darul Quran sekitar 3 KM dari Pasar, jalan raya, sehingga cenderung lebih tenang tetapi di dalamnya ada sekolah SMP dan SMA, jadi tdk perlu keluar pondok. Alangkah baiknya jika survey dulu sblm memutuskan.

  20. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ust. Saya ibu rumah tangga (25thn) 2 anak, dulu wktu hamil anak pertma thn 2009 sy mulai menghafal pd seorng ustdzh d daerah sy, hingg 5 juz ank sy lahir hngg tdk smpt melnjtkan hny nders sj, namun slang satu thn, lahir anak kedua 2010, hingga nyaris meski cm nderes tersa berat, krn disamping merawat 2 anak, sy mngajar Mts mski 2 hari, dan aktif mnjd guru TPQ tiap hari, d tambah kesibukn mertua yg jualan dirumah, kebetulan sy tinggal bersama mertua, krn Suami sy dmnta ber sma ortunya,(tdk boleh ngontrak, krn rmh dg tmpt dinasnya berdekatan, sembari menabung tk buat rumah. mhn do’anya.. dn keluarga sy tidk ada yg tau klo sy mnghfl) kondisi yg sprti ini mmbuat sy mnjd smkin bert utk mlnjutkan.
    Bberpa wktu yg lalu suami sy membrkan makalah yg isinya ttg 21 Vitamin … yg d tulis olh dosennya, dan mengenalkan sy dg Blog yg ust kelola (Cahaya Qur’ani). Berngkat dri sini semngat sy mnjd tumbuh kembali, dn awal rmdhn kemrin sy mulai ngji lg, 2 hr dlm semnggu (senin, kamis), namun mngulang dr awal, dn stlah slsai juz 5 sy d mnta storan juz amma.
    Kebetulan suami sy menangani program Pasca TPQ, (Madin, kira2 usia 8 s/d 15 th sdh berjln 3 thn), Beliau berkeinginan untk mmbntuk program Tahfidz bagi anak2 (tanpa mondok), dn mmnta sy yg mmbibing. Meskipun sy masih tahap belajar, Katanya dinaiti belajar bersama. srta dalam sebuah hadits “ballghu anni walau ayah”,..
    Atas latr belakang trsb
    1. Mohon diberi penjelasan ttg tanggung jwb d hadapan Allah bg org yg tlh menghfl al Qur’an kemudian lupa, jk ust. berkenan bserta dsarnya, krna sering dijadikan momok bg penghafl al qur’an “takut dosa jk lupa”,
    2. Apakh benar bgi pnghfl, jk smpai pd juz 5 akan ada godaan yg brt dn berlaku kelipatan, krn diawal menhfal guru sy bercerita demikian, dn kebetulan yg terjdi pd sy benr adanya.
    3. Lebih baik mana sy smpaikn maslah ini pd keluarga agar tdk mmnjd beban atau ttp sy rahasiakan.
    4. Bagaimana dg rencan Suami sy, jika jawabannya ya, dn bisa, mohon petunjuk, serta jk ada lembaga yg sdh berjaln tk d jadkn acuan mohn d tunjukkan,..
    5. Saya mendukung dn juga berharap smoga rencana ust. unt mmbuat tempat bermukim bg sntri yg belajar pd ust (Pesantren) cepat2 terealisasi dn dikabulkan oleh Allah, amiiin…

    Trimaksih banyak, Jaza kumllah khoiron katsro
    Purwosari, 27 Agustus 2012
    Wassalam
    Nurul Ch.

    • Mba’ Nurul yang baik, terima ksh mau curhat/tanya di blog saya, semoga jawaban berikut bermanfaat:
      1. memang betul melupakan kalimat/ayat/surat/juz dari al-Quran itu tergolong dosa besar, sesuai hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: وعرضت علي ذنوب أمتي فلم أر ذنبا أعظم من سورة من القرآن أو آية أوتيها رجل ثم نسيها (saya pernah ditunjukkan dosa2 umatku, dan yg paling besar adalah melupakan surat atau ayat yang telah dihafal). Hanya, kalimat di atas adalah melupakan bukan lupa. Melupakan berarti ada unsur kesengajaan dengan mengabaikan murajaah harian padahal ia sebenarnya bisa/sempat melakukannya, dengan kata lain ada unsur sembrono/meremehkan nikmat Allah yg berupa hafalan. Jika kita dihadapkan pd beban rumah tangga yg berat, yg itu juga kewajiban, sementara dlm hati kita msh ada kerinduan utk terus bertahan atau menambah, maka menurut saya ini bukanlah kesembronoan tetapi upaya yg belum terrealisir dan insyaallah Allah akan mengampuni, berdasarkan ayat: la yukallifullahu nafsan illa wus’aha.
      2. Sebetulnya tdk ada godaan (dari al-Qurannya) ketika menghafal, tetapi nafsu, kemalasan, suka menunda, mudah putus asa kita sendiri yg menggoda (menghalangi utk sukses). Pengalaman pribadi saya, selama menghafal (1 thn) lancar tdk ada godaan kecuali sakit sebentar krn kurang gerak, itu saja.

      3. Boleh disampaikan, boleh tdk tergantung dampaknya. Kalau dg menghafal sama sekali tdk merugikan mereka (semua kerjaan rumah selalu beres) maka sampaikan sj, sebaliknya jika dengan menghafal, banyak kerjaan yg terbengkalai sebaiknya jgn disampaikan, khawatir al-Qurannya/hafalannya yg dijadikan biang kerok masalah keluarga. Tentu anda sendiri yg paling tahu.
      4. Sebetulnya kalau dalam diri kita msh ada masalah (utk menghafal 30 juz), lebih baik masalah itu dituntaskan dulu agar tdk bertambah berat. Tetapi kalau memang akan tutup buku dalam menghafal (cukup 5 juz/1 juz saja), saya kira membuka lembaga tahfidz 1 juz adalah media utk menyebarkan ilmu dan itu cita-cita yg baik jg. Sampai hari ini lembaga tahfidz yg terbaik adalah pesantren, pesantren terbaik yg saya ketahui adalah madrasatul Quran Tebuireng Jombang.
      5. Terima ksh dukungannya semoga tahun depan sdh bisa dimulai, amiiin…

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,608 other followers

%d bloggers like this: