Konsultasi Tahfid Al-Quran


Bagi saudara-saudaraku seiman (santri, mahasiswa, pedagang, PNS, orang biasa) yang telah, sedang, mau menghafalkan al-Quran, mari kita berbagi di sini. Saling tukar pengalaman atau menanyakan problem dan kesulitan yang dihadapi. Siapa tahu ini menjadi jembatan dikaruniainya kita oleh Allah menjadi penghafal Quran atau anak kita atau mungkin cucu kita, Amin. Bagi Anda yang telah mengirimkan pertanyaan atau komentar, silahkan melihat jawabannya di bawah kotak komentar atau dengan mengklik jawabannya di sini. Mohon maaf bilapertanyaan Anda belum sempat saya balas, harap bersabar. (A. Syafaat)

467 Responses

  1. assalamu’alaykum wr.wb
    ust..sya ingin menjadi hafidzah,,sya dah hafal 2 juz tapi bnyak yg lupa..padahal sya sering murajaah.bagaimana cara mengatasinya?
    syukron

    • Cara mengatasinya: perdengarkan hafalanmu pd ahlinya bbrp kali, tandai ayat/kata yg selama ini salah/lupa, undang tmn utk murajaah brsm secara rutin, istiqamahkan memurajaahnya dlm shalat. Laksanakan resep ini dlm 2 bln, bila ternyata tdk ada perubahan silahkan bertanya lagi. Smg sukses

    • Cara mengatasinya: perdengarkan hafalanmu pd ahlinya bbrp kali, tandai ayat/kata yg selama ini salah/lupa, undang tmn utk murajaah brsm secara rutin, istiqamahkan memurajaahnya dlm shalat. Laksanakan resep ini dlm 2 bln, bila ternyata tdk ada perubahan silahkan bertanya lagi. Smg suksess

  2. bismillaah,,,
    assalamu’alaykum warohmatullah wa barokatuh..
    ‘afwan ya ustad ana ingin sekali bisa menghafal qur’an… kira-kira kalau di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah dimana ya… namun yang pembelajarannya itu seperti halaqoh dsb, karna ana juga masih sekolah…
    syukron, jazakallahu khair..

    • Waalaikumussalam, tgl 25/3/2011 tlh diresmikan Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Quran Sukoharjo oleh bpk bupati. Pondok pesantren itu menempati bekas bangunan SDN 4 Sukoharjo. Untuk info lengkapnya tanya ke PPPA pusat via sms ke: 081519002828

  3. Assalamu’alaikum akhi fillah
    ana lulusan perguruan tinggi yg mnggeluti al-qur’an dan hadits, skrg ini saya lagi mencari pondok tahfidz untuk melancarkan hafalan saya yang melemah dikarenakan saya sudah jarang men’takrir hafalan saya dan juga karena lingkungan yg kurang mendukung, untuk daerah tangerang atau parung saja akhi, syukran katsir,.

  4. Assalammualikum wr wb, ustad mhn informasi alamat lengkap dan telp ponpes Al-munawarriyah malang krn kami domisili Sby berkeinginan memasukan anak kami.matur nuwun ustad

    • Waalaikumussalam, Alamat PP. Al-Munawarriyah: Jl. Raya Sudimoro 09 Bululawang; Malang; Phone: 0341-824448

  5. Assalamu’alaikum..
    saya pelajar SMA yang mau kuliah dijakarta dan ingin daftar menjadi santri di daaqrul quran
    untuk masalah biayanya gimana yaa? spt biaya masuk dan bulanannya??

    trimss..

    • Silahkan baca info lengkapnya di: http://www.daqu.sch.id/content.php?fl=fl_biayapd_global&mnow=4

  6. assalamualikum wwr wb .saya ingin sekali belajar dan menghafal alquran saya tinggal di kota semrang apa pak ustad tahu tempatnya ,terimakasih atas jawabanya?

    • Silahkan coba di: Pesantren Al-Hikmah yang beralamat di Kelurahan Pedurungan Lor RT 01 RW 05 Pedurungan Semarang.

  7. Asalamualaikum wr.wb
    saya mahasiswa teknik elektro UM ustadz.. apakah di UM ada Club Tahfidznya??? sekiranya ada mohon infonya.. wasalam wr.wb

    • Ada, tapi pengurusnya sdh banyak yg lulus dan tempatnya sdh dipindah, shg kegiatan sementara di rumah saya tiap sabtu jam 09.30

  8. assalamu’alaikum. Pak, saya mau tanya. Saya mau melanjutkan hapalan, tapi kaka laki-laki saya tidak mau membiayai. Di mana Pesantren tahfidz yang mengadakan beasiswa untuk wanita dewasa/mahasiswi di daerah jakarta, tangerang, bekasi, depok? Boleh minta nomor yang bisa dihubungi? Terima kasih.

    • Silahkan survey dulu di Pesantren Tahfidz Huda Qurani: Jl. Cimanglid, Gang Purnama, Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Bogor, Indonesia, hubungi ustd Solahuddin 085282437048

  9. Assalamu’alaikum wr wb..
    saya tinggal di bekasi timur, apakah ustadz mengetahui tempat atau seseorang untuk belajar tahfidz di bekasi timur
    syukron

    • Silahkan disurvey beberapa tempat tahfidz berikut ini, yaitu: Musholla taliful qulub – bumyagara bekasi timur, Masjid al-furqon pondok timur bekasi timur, Masjid al-mukmin dukuh zamrud blok T bekasi timur.

  10. Pak Ustad, saya ingin serius bljr dan ngapal Quran. Usia sy 31 taun. Minta rekomendasinya Pak Ustad tempat yg baik dan gratis. Makasi

    • Saya mendukung sekali anda ingin menghafal di usia 31 thn, jgn kuatir semua PPA (pesantren penghafal al-Quran) Darul Quran yg ada hampir di semua kota di Indonesia gratis, hanya sj anda tdk bebas memilih yg berdekatan dg rumah. Saran saya jgn pilih yg gratisan, toh rata-rata biaya pesantren itu gk mahal, hanya utk makan minum sehari2 sj.

    • Pak Ustad kmrn saya uda nanya ke yanbuul quran kudus, buat orang dwasa br buka 11 syawal dan ada tesna. Rencana nya sembari nunggu saya blajar ma guru dikampung dulu. Minta doa na P Ustad agar istiqomah.

    • Amin ….. semoga lancar dan sukses.

  11. Assalamu’alaikum Ustadz,,,
    Baru2 ini saya mencoba menerapkan hafalan baru saya dalam sholat sunnah, seperti dhuha dan lail. Tapi terkadang saya masih tersendat-sendat(karena yg saya utamakan adalah hafalan baru, jadi masih belum lancar), Kadang malah kalau mikir lama belum ingat juga saya ulangi dari awal sampai akhirnnya ingat, apa hal seperti ini tidak apa2 untuk sholat Ustadz?,,,karena saya juga pernah salah/terlewat satu kata dalam menbacanya, apa sholat saya masih di ma’fu Ustadz?

    Lalu saya mau bertanya tentang muroja’ah saat haid. Gus di Pondok saya membolehkan santrinya muroja’ah(nderes) saat haid memakai Qur’an terjemah yang kami pakai karena Qur’an terjemah kami ada catatan kakinya (terjemahnya melebihi dari ayat alQur’an) jadi beliau memperboehkan. Karena hal ini berhubuhan dengan keyakinan jadi teman2 saya ada yang menerapkannya dan ada yang tidak, mereka ada yang nderesnya memakai Quran tafsir yang tafsirnya arab. Jujur saya bingung Ustadz, kadang ketika saya yakin saya ikut teman2 memakai Qur’an terjemah yang kami itu tapi ketika sedang tidak yakin saya memakai Qur’an tfsir berbahasa arab. Dan kadang ketika sedang pulang dan haid saya tidak berani nderes karena Qur’an saya di rumah terjemahan tapi yang ada catatan kakinya/keterangan lainnya,(dan di rumah juga tidak ada temannya jadi kadang tidak yakin memakai Quran terjemahan itu, tapi kadang kalau yakin dan terpaksa untuk menjaga hafalan ya saya pakai Ustadz)…Kalau menurut pendapat Ustadz bagaimana? atau mungkin dulu kyai2nya Ustadz?,,,Karena kadang Kyai2 di setiap pondok itu juga berbeda pendapatnya,,,
    Mohon jawabannya lewat email saya saja Ustadz.
    Mohon maaf bila ada yang salah atau kurang berkenan Ustadz dan Terima kasih sebelumnya atas perhatiannya.
    Wassalamu’alaikum.

    • Membaca surat/ayat (stlh fatihah) dlm shalat hukumnya sunnat, shg kalau lupa dan melompat satu ayat jelas dima’fu. Yg memboleh wanita haid membaca al-Quran adalah Imam Malik dan Ibnu Taimiyyah, sedang Imam Syafi’i mengharamkan. Silahkan mengamalkan yg mana sj boleh, yg penting ada ulama yg membolehkan atau ada dasar dalil yg kita pakai.

  12. assalamu’alaikum
    ustad saya adalah seorang mahasiswa yg mempunyai keinginan menghafal qur’an namun bacaan al-qur’an saya masih kurang baik. sya tinggal di bogor disekitar universitas pakuan. ingin sekali saya masuk pesantren. menurut ustad pesantren di bogor yg dkat kampus saya yang bagus dimana??? dan bagaimana cara saya melancarkan dan memperbaiki bacaan saya sedangkan jika tanpa guru sangat sulit sekali melihat kekeliruan dalam membaca al-qur’an.

    • Waalaikumussalam, silahkan sj anda menghafal surat yg pendek2 dulu saja sambil memperbaiki bacaan. Mhn maaf saya msh blm mengetahui juga pondok di sekitar kampus tsb, krn posisi saya ada di jawa timur. Lakukan survey sj di sekitar sana, insyaallah nanti akan menemui pesantren.

  13. assalamualykum ustad…… bagaimana hukumny wnita haid menambah hafalan alquran? dn mhon penjlasannya bserta ibarotnya….. syukron..

    • Hukum membaca al-Quran bg wanita haid msh ikhtilaf (terjadi beda pendapat), namun bbrp pesantren tahfidz membolehkannya dg mengikuti pendapat Imam Malik, Hanfi, Ibnu Taimiyyah dll, meski Imam Syafii mengharamkannya. Dalam kondisi normal saja boleh, apalagi bg mrk yg menghafalkan al-Quran atau khawatir lupa. Baca ibarahnya di sini: http://www.alquran-sunnah.com/artikel/fiqh/278-hukum-wanita-haid-atau-junub-membaca-alquran.html

  14. bagaimana kita harus manjga hafalan 30 juz ?????
    saya sangat kgum bgi para penghfal al quran yang sudah katam.
    saya selalu kesulitan tuk mnjaganya…….

    • Utk menjawab pertanyaan ini terlalu panjang kalau ditulis disini, baca saja di blog ini artikel berikut: http://cahayaqurani.wordpress.com/2012/10/14/m4-a-motivasi-manajemen-dan-mitos-menghafal-al-quran/

  15. assalamu’alaikum!
    Pa ustadz saya seorang pedagang kaki lima yg biasa mangkal dari jam 12.00-22.00,saya punya keinginan untuk bisa menghafal qur’an,sekarang saya baru hafal 2juz.pertanyaanya:

    1.apakah mungkin saya bisa menghafal tnpa ada guru pembimbing(karena saya takut ada perasaan riya,kalau sampai ada orang yg tau)
    2.dalam berbicara,saya termasuk orang yg grasak-grusuk(cepat dalam pengucapan kalimat),shngga kdang2 org tdk mngrti apa yg saya ucapkan,dan itu mempengaruhi trhdap bacaan ayat yg saya hafal,bagaimana solusinya?

  16. assalamu’alaikum wr.wb
    nama sya khaerunnisa aufha uztadz bagaimana cara mudah menghafal Al-qur’an Dan Tidak hilang. karena saya sekolah di Tahfidzul Qur’an sya ingin khatam kan 30 juz dlam waktu 3 tahun uztadz bgaimna carax… ??
    saya ingin menjadi Anak yang sholihah(Hafidzoh). karena Saya ingin Dpat tiket untuk menuju syurga dan aku ingin memasangkan mahkota di kepala ummi saya uztadz..
    tolong di berikan tips yg mudah uztadz..
    Syukron jaza Killa Khoir.

  17. Assalamu’alaikum ustadz

    perkenalkan nama saya ifa, mau share nie bagaimana cara merawat alqur’an yang sudah dihafalkan supaya tidak lupa disaat sudah menghafalkan surah yang lain (pada saat ini saya menghafalkan surah Ar Rahman )

    syukron

    • Waalaikumussalam, baca surat Ar-Rahman (atau surat lain yg sdh dihafal) 1 bln pertama (dari waktu menghafal), sekali dlm sehari. 1 bulan kedua, sekali dalam 2 hari. 1 bln ketiga, sekali dlm 3 hari begitu seterusnya sampai 5 bln. Seminggu sekali disetorkan (minta ditashih pd seorang hafidz/org yg hafal). Alngkah baiknya jika membacanya di dalam shalat sunnah. Semoga cepat lancar…

  18. Berminat sekali Ustadz, tolong saya diberi alamatnya krn sdh lama sy mencari guru untuk memperbaiki bacaan al qur’an sy, sebelumnya sy ucapkan byk terima kasih….wassalamu’alaikum…

    • Gus Imron, Padepokan Untung S. Rajab Dusun Pejagalan, Simo Angin2, Kec. Wonoayu, Sidoarjo. Atau Ustadz Mudawi/KH. Nafi/KH. Suyuti Gedongan, Waru Sidoarjo (dekat rmh kyai karismatik Gus Ali Muhammad).

  19. Assalamu’alaikum Ustad…
    Sy ingin meminta penjelasan tentang najis yang ma’fu itu seperti apa, bagaimana dengan kotoran cicak yang agak berbau dan kotoran nyamuk yang suka menempel pada pakaian?
    Terimakasih atas tanggapann dan penjelasannya Ustad.
    Wassalamu’alaikum

    • Ada beberapa jenis najis yang di- ma’fu (dimaafkan), yaitu: Najis yang dima’fu pada pakaian saja (tidak dima’fu bila berada di air) adalah darah yang sedikit.
      Najis yang dima’fu pada air saja (tidak dima’fu pada pakaian) seperti bangkai binatang yang tidak mengalir darahnya; seperti bangkai nyamuk, cicak, kecoa, dan kutu. Najis yang dima’fu, baik pada pakaian maupun di air, yaitu najis yang tidak dapat dilihat oleh mata, seperti percikan air najis yang mengenai pakaian.
      Jadi cicak yang ma’fu hanya yg jatuh ke air saja, bukan yg menempel di pakaian.

    • syukron katsiir ustad. Bagaimana dengan kotoran nyamuknya??

    • Segala sesuatu yg keluar dari qubul dan dubur itu najis. Kecuali air mani. Kotoran yg sdh kering ttp najis. Kalo tangan kita nyentuh dlm keadaan kering maka tgn kita g najis tp kalo tngan kita basah dan nyentuh najis kering itu maka tngan kita jd najis. Sedang kotoran nyamuk yg nempel2 di baju atau lantai trmsk najis yg dima’fu.

    • alhamdulillah, sykron katsiir Ustadz

  20. Assalamu’alaikum wr wb…saya seorang karyawati yng ingin sekali mendalami dan memperbaiki bacaan al qur’an krn skrg sy mulai belajar sendiri hafalan al qur’an, tetapi sy ingin sekali ada wadah yg bisa membimbing sy utk hal tsb, saya sdh datang ke griya al qur’an cabang sidoarjo tepatnya di ruko puri indah, tapi kedatangan saya ditolak krn tdk ada kelas yg jadwalnya jam 18.30, gimana ustat? saya harus kemana didaerah sidoarjo yg bisa membimbing saya? tolong saya diberi saran?

    • Ada dua ustdz yg saya kenal di Sidoarjo, tp alamatnya msh lupa, yaitu Ustdz Mudawi dan Ustdz Imron keduanya guru tahfidz, kalau berminat akan saya carikan alamatnya.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,158 other followers

%d bloggers like this: