Percikan Hikmah Qurani (Bersambung)

Oleh Syafaat

Percikan 1 (Senin, 15 Juni 2009)

Ciptakan Kesuksesan Untuk Kita dan Orang Lain

Tidak ada jaminan seorang ustadz akan melahirkan anak yang menjadi ustadz atau dokter melahirkan dokter. Kepuasan orang tua biasanya ingin anaknya memiliki profesi atau kesuksesan yang sama dengan dirinya, itu manusiawi dan cita-cita mulia. Agar cita-cita tersebut tercapai, kita orientasikan itu untuk obyek yang lebih banyak. Artinya, ketika seseorang mendidik banyak orang untuk menjadi ustadz, termasuk anaknya sendiri, maka pastilah ada salah satu atau lebih dari mereka yang mencapai sesuai harapan kita. Di sini tidak terlalu penting, apakah yang sukses anak kita atau orang lain, akan tetapi yang terpenting adalah kita telah menjadi jembatan kesuksesan orang lain. Itu sebuah kemulyaan di sisi Allah. Hakikatnya kita merencanakan, Allah yang memutuskan.

Percikan Hikmah 2 (Rabo, 17 Juni 2009)

Malu yang sesungguhnya adalah ketika ada orang yang secara ekonomi dan intelektual jauh di bawah kita, namun secara etika dan kepatuhan pada tuhan jauh di atas kita.  Gatot (40 th), seorang  pengembara dari Kediri ke Malang dengan mengendarai sepeda ontel hanya ingin menghadiri acara Istima’ al-Quran. Dia melakukan itu sebulan sekali dalam waktu lebih dari 2 tahun. Tidak malukah kita dengan orang semacam dia?

Percikan Hikmah 3 (17 Juni 2009)

Pertemuan sedikit tapi berkualitas, jauh lebih bermakna daripada sering tapi kurang bermakna. Setahun sekali bertemu dengan keluarga di desa dengan memberikan sesuatu yang bermakna bagi mereka, membuat pertemuan pertemuan kita semakin abadi dan harmonis bersama mereka.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: