5 Alasan tidak menolak Obama

Saya menghargai pandangan teman-teman sesama muslim yang menolak kedatangan Obama ke Indonesia, hanya saja saya tidak sependapat soal ta’mim (men-generalisir masalah) yang kurang teliti. Pertama, Obama berbeda dengan pendahulunya, dia termasuk orang yang tidak sepakat dengan invasi Iraq (putar lagi pidatonya saat kampanye dulu), meski pada akhirnya dia belum bisa menghapus secara drastis dampak dari kebijakan sebelumnya. Jadi, tidak tepat dari aspek pribadi Obama, bila dia dituduh “kafir harby” (lihat lagi definisinya), bisa-bisa status itu kembali pada yang menuduh sesuai hadis nabi.
Kedua, dia sebetulnya diundang oleh pemerintah Indonesia dan akhirnya mau datang (lihat tulisan Indonesianis W. Liddle), jadi yang butuh itu Indonesia.
ketiga, dia tidak sedang bertamu ke negara Islam (khilafah) tapi ke bangsa Indonesia yg beragam agama dan pandangan keber-agamaannya, dan Amerika tidak memerangi Indonesia. Kalaupun teman-teman lain menolak, tolong hormati hak warga Indonesia yang lain untuk menerima, termasuk mayoritas umat Islam yang menerima. Silahkan nanti saja, kalau negara Islam berdiri, berlakukan syariat Islam secara kaffah yang mereka kehendaki.
Keempat, Amerika merasa tidak pernah memerangi Islam tapi terorisme yang melekat pada oknum “muslim”, karena dia merasa terdzalimi dg peristiwa 11/9, sbgmn kita ingin membalas ketika didzalimi, sama kan?
kelima, dia kan pernah tinggal di Indonesia dan ingin pulang kampung untuk bernostalgia masa kecil dulu, sambil membantu korban Merapi, bolehkan? Lakum ro’yukum wa liya ro’yi. Wallahu A’lam bi showab. (Syafaat, 8 Nov 2010)

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: