Langkah-Langkah Setting SMS Arab untuk HP Nokia



Wah… Hapenya hebat, bisa nulis sms pake bahasa arab, pasti hape dari arab yah..? Atau pake aplikasi tambahan yah?

Begitulah komentar dari beberapa teman saya ketika menerima pesan singkat yang menggunakan huruf arab. Sebenarnya ada beberapa cara agar handphone kita (terutama nokia yang beroperasi sistem symbian) dapat menulis arab, diantaranya caranya adalah :

  1. Beli handphone langsung di arab atau keluaran langsung dari Eropa yang mayoritas firmware pada handphone disana sudah dilengkapi software berbahasa arab, baik bahasa arab sebagai bahasa telepon (menu dll) maupun bahasa arab  untuk tulisan (write text). Handphone jenis ini di Indonesia sering disebut sebagai HP BM (Black Market) yaitu handphone yang dijual secara tidak resmi (ilegal) dengan tidak melewati prosedur impor yang normal atau tidak melewati distributor resmi Indonesia. Handphone jenis ini bisa juga kita beli langsung pada saat kita sedang berkunjung kedaerah sana.
  2. Install software (firmware) tambahan bahasa arab di Dealer atau Nokia Care Point atau bisa juga di counter-counter handphone yang menyediakan software (firmware) bahasa arab tersebut, sepertinya agak jarang menemukan counter yang telah menyediakan software bahasa arab.
  3. Menggunakan aplikasi tambahan untuk menulis arab. Untuk yang satu ini coba ditanyakan saja langsung kepada Om Google, karena jika kita mengikuti forum-forum handphone, maka akan kita temukan aplikasi tersebut. Atau bisa dicari juga di www.getjar.com, tapi aplikasi dari getjar tidak freeware melainkan shareware atau trial, jadi ada waktunya aplikasi tersebut tidak dapat beroperasi lagi melainkan harus beli.
  4. Cara yang terakhir adalah dengan menambahkan file bahasa arab di system handphone kita. Untuk yang keempat ini, setelah saya test, ternyata hanya berfungsi di handphone Nokia Operating System (OS) 8.X, seperti Nokia 6630, 6680, dan N70.

Untuk Point 1 dan 2, saya rasa tidak perlu dibahas didalam tulisan ini, adapun untuk Point 3 dan 4, saya akan uraikan sedikit didalam tulisan ini.

Karena berhubung banyak sekali pertanyaan dalam komentar pada tulisan ini, serta saya sendiri pun masih meneliti dan mencaritahu lebih dalam hal-hal yang berhubungan dengan pembahasan ini serta jarangnya saya online beberapa bulan ini, maka saya mohon maaf jika akhirnya agak lama saya mengupdate blog ini dan khususnya tulisan ini. Oleh karena itu langsung saja kita masuk ke inti bahasan agar tidak terlalu berpanjang lebar lagi.

 

Menulis Arab di Handphone Symbian OS 6 atau S60 V.1 dan V.2

Cara Pertama :

Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia: 3230, 3600, 3620, 3660, 6260, 6600, 6620, 6630, 6670, 6680, 6681, 6682, 7610, N70, N72, N90 ; Samsung: SGH D720 ; Siemens: SX1

  1. Pertama siapkan aplikasi file explorer di handphone, disini saya telah menyiapkan aplikasi tersebut, silahkan download lalu install di handphone anda : FExplorer V.1.16 atau X-Plore V.1.22 (saya rekomendasikan memakai aplikasi X-Plore ini).
  2. Jika sebelumnya di handphone anda pernah meng-install Arabic Application dan Psiloc Erecorder, maka hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  3. Download file “Arabic S60.rar” melalui PC (biar mudah, karena saya upload di Ziddu.com), lalu Extract file tersebut dan Copy dua file didalamnya ke Handphone, melalui kabel data atau bluetooth.
  4. Dari handphone, Install terlebih dahulu file “Psiloc Erecorder v164.sis”, setelah selesai proses instalasi, lalu jalankan aplikasi Extended Recorder yang tadi telah di-install, lalu pilih yes dan tutup aplikasi tersebut.
  5. Kemudian install file “Psiloc Arabic.sis“, setelah selesai proses instalasi, lalu jalankan aplikasi “Arabic/Farsi On Symbian” yang baru di install.
  6. Proses selesai… Baiknya restart handphone anda.
  7. Jika memungkinkan, anda juga dapat melakukan proses instalasi dua file tersebut melalui bantuan PC Suite, intinya terserah anda memilih cara yang mana yang paling mudah.

Untuk menulis arab, melalui menu “Pesan Baru” pada layar “sms baru” pilih Tombol Edit yang berbentuk pensil –  pilih “Arabic Enable”, selesai deh. Cara ini telah ana test di Nokia 6600 dan berhasil. Adapun letak huruf arabic di keypad adalah sebagaimana pada gambar dibagian bawah tulisan ini.

Cara Kedua :

Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia S60 V.2 atau OS 8.0 dan 8.1, seperti : Nokia 6630, 6680, 6681, N70, N72, N90, dll.

  1. Pertama siapkan aplikasi file explorer di handphone, disini saya telah menyiapkan aplikasi tersebut, silahkan download lalu install di handphone anda : FExplorer V.1.16 atau X-Plore V.1.22 (saya rekomendasikan memakai aplikasi X-Plore ini).
  2. Setelah itu Buka aplikasi X-Plore tersebut, buat folder baru dengan nama“Multitap” (tanpa tanda kutip) di dalam “phone memory” atau drive “C” – “System” – “Data” atau singkatnya C:/system/data/
  3. Lalu copy file bahasa arab “PtiArabic.rsc” (yang dapat didownload DISINI) ke dalam folder multitap tersebut. Maka hasilnya menjadiC:/system/data/multitap/PtiArabic.rsc , kemudian setelah itu restart handphone anda.
  4. Untuk menulis arab, masuk ke “Pengaturan” – “Telepon” – “Umum” – pada“Bahasa Tulisan” pilih “Arabic”. selesai, jadi ketika kita mau mengetikkan sesuatu maka bahasa tulisannya adalah Arab. Atau bisa juga melalui menu“Pesan Baru” pada layar sms baru pilih Tombol Edit yang berbentu “Pensil” –“Bahasa Tulisan” – pilih “Arabic” selesai.
  5. Untuk Nokia N70 dan 6630 telah saya coba dan Alhamdulillah berhasil, untuk yang lainnya silahkan teman-teman coba dan jangan lupa beri komentar.

Menulis Arab di Handphone Symbian OS 9 atau S60 V.3

 

Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia: 3250, 5500, 5700, 6110 Navigator, 6120c, 6290, E50, E51, E52, E60, E61, E61i, E62, E65, E66, E70, E71, E90, N71, N73, N75, N76, N77, N78, N80-1, N81, N81 8GB, N91, N92, N93, N93i, N95, N95 8GB, N96

Untuk menginstall aplikasi menulis arab yang saya sertakan ini, handphone anda harus terlebih dahulu harus di hack agar dapat menerima/menginstall aplikasi unsigned atau tak bersertifikat dari, atau bisa juga meminta sertifikat handphone anda kepada situs http://www.opda.cn (bahasa cina).

Disini saya hanya menyertakan aplikasi untuk menulis Arab (Full bukan Trial/Demo/Shareware) pada tipe handphone sebagaimana tersebut diatas.

 

4 Responses

  1. sukron

  2. Kalau Nokia C5, apakah bisa menulis arab ? Syukron

    • Maaf, saya belum pernah coba utk tipe C5. Coba baca di buku panduan C5, apakah dia bisa dimasuki program symbian? Kalau ya, symbian Versi berapa? Setelah itu cari google dg kata kunci tersebut.

  3. kalau sony ericsson gimana pak? apakah bisa?

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: