Pembelajaran Agama berbasis TDI di Universitas Negeri Malang

Sejak puluhan tahun yang lalu, pembelajaran agama Islam di Universitas Negeri Malang (UM) dilakukan dalam dua metode; (1) metode klasikal, (2) metode TDI (Tafaqquh fi Dienil Islam; pemahaman agama Islam).  Metode klasikal dilakukan secara reguler di kelas-kelas di semua fakultas dan jurusan yang ada di UM. Sementara metode TDI dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi mulai jam 07.00 – 08.30 di masjid kampus al-Hikmah.

Pembelajaran agama Islam dengan metode TDI ini dimaksudkan untuk memperkaya  mahasiswa tentang wawasan keislaman aktual dan faktual. Materi-materi yang disajikan dalam TDI berorientasi pada respon kasus/peristiwa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga kurikulumnya selalu berubah tiap saat. Misalnya, materi tentang hakekat ahmadiyah, gerakan Islam Liberal, nikah mut’ah dll. 

Dalam TDI, semua mahasiswa diwajibkan untuk belajar baca al-Quran pasca materi ceramah dan dialog. Juga setiap mahasiswi diwajibkan untuk mengenakan baju muslimah ketika mereka memasuki area masjid. Kalau mereka berada di kelas, pemateri cenderung tetap selam satu semester, tetapi dalam metode TDI, setiap minggu sekali dihadirkan pemateri baru, baik dari dalam kampus UM maupun dari luar.

Metode TDI ini terintegrasi dengan metode klasikal, artinya faktor kelulusan mengikuti materi PAI sangat tergantung pada frekuensi kehadiran pada TDI, bahkan mereka diwajibkan untuk meresume setiap ceramah/dialog yang disampaikan. TDI juga menjadi wahana mahasiswa untuk berlatih ibadah di masjid, mereka berlatih shalat berjamaah, shalat janazah, shalat dluha. Sejak satu tahun yang lalu, dibagi pesertanya berdasarkan fakultas karena jumlah mahasiswa yang terus tambah dan daya tampung masjid semakin berkurang.  Jadi, meskipun tertulis bobot sks matakuliah PAI hanya 2 sks, tetapi prakteknya 4 sks.

Pada semester genap tahun 2011 ini, telah ditetapkan materi-materinya sebagai berikut:

No Tanggal Penceramah Judul Ceramah Penceramah

Pengganti

Paserta (Mhs fak)
1 22 Januari M. Dahlan Ridlwan Adab yang harus dipenuhi oleh para pencari ilmu Abdul Adhim FIP,  FE, KSDP FMIPA
2 29 Januari Syafa’at Harmoni al-Qur’an dan sains H. Khoirul Adib FS, FT, FIS
3 5 Februari Syafruddin AR Meneladani Rasulullah SAW dalam membangun toleransi beragama M. Dahlan Ridlwan FIP,  FE, KSDP FMIPA
4 12 Februari H. A. Manan Idris Kunci keberhasilan perjuangan Rasulullah SAW H. Muh. Huda AY FS, FT, FIS
5 19 Februari H. Muh. Huda AY Meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW dalam berbangsa dan bernegara H. A. Manan Idris FIP,  FE, KSDP FMIPA
6 26 Februari H. Khoirul Adib Mahasiswa sebagi penopang peradaban Islam Achmad Sultoni FS, FT, FIS
7 5 Maret * XXXXX XXXXXXXX   XXXXXX
8 12 Maret Abdul Adhim Kesuksesan marketing Rasulullah SAW Syafruddin AR FIP,  FE, KSDP FMIPA
9 19 Maret Achmad Sultoni Taubat; pintu masuk menuju kebersihan hati Muchsin Zain FS, FT, FIS
10 26 Maret Munjin Nasih Menjadi Mahasiswa Muslim yang sukses Syafa’at FIP,  FE, KSDP FMIPA
11 2 April Muchsin Zain Keluwesan dan keluasan hukum Islam H. M. Thoha AR FS, FT, FIS
12 9 April Yusuf Hanafi Revolusi Ilmu Pengetahuan: Mengapa Terjadi di Dunia Barat, Bukan di Dunia Islam Munjin Nasih FIP,  FE, KSDP FMIPA
13 16 April Lilik Nur Kholidah Tantangan mahasiswa dalam mencari ilmu dan solusinya Hj. Jazimah FS, FT, FIS
14 23 April * Hj. Jazimah Berbakti kepada Ibu Lilik Nur Kholidah FIP,  FE, KSDP FMIPA
15 30 April H. M. Thoha AR Menciptakan generasi berbasis imtaq Malikah Thowaf FS, FT, FIS
16 7 Mei Malikah Thowaf Menuju pendidikan berbasis akhlak Yusuf Hanafi FIP,  FE, KSDP FMIPA

Silahkan download jadwal  TDI UM 2011

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: