Silabus Islamic Studies untuk Mahasiswa Fak. Teknik

A. Tujuan Pembelajaran PAI

Mahasiswa mampu memahami berbagai aspek ajaran dalam Islam dan mengintegrasikannya dalam kepribadian dan tingkah-lakunya serta dapat mengaplikasikannya ke dalam disiplin ilmu masing-masing.

B. Pokok-Pokok Bahasan (Selasa)

Pert. Ke

Tanggal

Topik

I 18 Januari Perkenalan dan Kontrak Perkuliahan
II 25 Januari Konsep Ketuhanan dalam Islam
III 1 Februari Konsep Trilogi Islam (Iman, Islam, Ihsan)
IV 8 Februari Hakikat Manusia Menurut Islam
V 22 Februari Sumber Hukum Islam 1 (al-Quran dan Hadis)
VI 1 Maret Sumber Hukum Islam 2 (Ijma’, Qiyas dll.)
VII 8 Maret Etika dan Akhlaq dalam Islam
VIII 15 Maret Midle test (UTS)
IX 22 Maret Al-Qur’an dan kebenaran ilmiah
X 29 Maret Kerukunan Umat Beragama dalam pandangan Islam
XI 5 April Islam dan Pelestarian Lingkungan
XII 12 April Sistem Politik Islam
XIII 19 April Kontribusi umat Islam terhadap peradaban Barat
XIV 26 April Pandangan Islam tentang produk teknologi modern
XV 3 Mei Hukum jual beli dan riba menurut Islam


C. Aspek-Aspek Penilaian

1. Kehadiran kuliah (min.11 pertemuan) dan TDI (min. 7 pertemuan)

2. Keaktifan dalam proses perkuliahan dan diskusi

3. Kualitas makalah dan Presentasi

4. Tes harian, UTS dan UAS (tes baca tulis al-Qur’an)

5. Akhlaq dalam bertindak dan berbusana

6. Kelengkapan belajar (buku ajar dan mushaf al-Quran)

D. Metode Perkuliahan

Ceramah, Tanya-jawab, Cooperatif  learning, Diskusi

 

E. Referensi

Tim Dosen PAI UM, 2009, Aktualisasi Pendidikan Islam, Pasuruan: Hilal Press

Azra, Azyumardi dkk, 2002, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Jakarta: Dipertais Depag RI

Shihab, M. Quraish, 1998, Wawasan Al-Qur’an, Cet. VIII, Bandung: Penerbit Mizan

Madjid, Nurcholis, 2000, Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. IV, Jakarta: Penerbit Yayasan Wakaf Paramadina

 

 

DESKRIPSI TOPIK MAKALAH DISKUSI

Topik Deskripsi
Al-Qur’an dan kebenaran ilmiah Uraikan dalam makalah isi kandungan al-Quran yang relevan dengan disiplin ilmu fisika, biologi, kimia, sosiologi, psikologi, astronomi dll.
Kerukunan Umat Beragama dalam pandangan Islam Uraikan dalam makalah tentang batasan toleransi pergaulan dengan nonmuslim yang perbolehkan; hukum mengikuti upacara keagamaan agama lain atau mengucapkan selamat; hukum perkawinan beda agama.
Islam dan Pelestarian Lingkungan Uraikan dalam makalah hukum pencemaran lingkungan, illegal logging, batasan eksploitasi sumber daya alam yang diperbolehkan dan yang dilarang.
Sistem Politik Islam Uraikan dalam makalah tentang masih relevankah isu pendirian negara Islam (sistem khilafah)?; bagaimana model pemerintahan ala Rasulullah dan khulafaur rasyidun?; adakah titik temu antara sistem politik Islam dengan sistem demokrasi?
Kontribusi umat Islam terhadap peradaban Barat Uraikan dalam makalah tentang kontribusi para ilmuwan muslim pada kemajuan Barat sejak abad pertengahan, seperti: Ibn Khaldun, Ibn Batutah, Ibn Thufail, Khawarizmi dll.
Pandangan Islam tentang produk teknologi modern Uraikan dalam makalah tentang hukum kloning, transplantasi organ, bayi tabung, pernikahan jarak jauh via video conference atau internet, operasi ganti kelamin dll.
Hukum jual beli dan riba menurut Islam Uraikan dalam makalah tentang hukum jual beli, hukum riba, macam-macam riba, bunga bank, valuta asing, jual beli kredit, jual beli via internet  dll.
Pandangan Islam tentang budaya dan seni Uraikan dalam makalah tentang hukum melukis, mematung, menari, menyanyi dll.

ASPEK-ASPEK PENDUKUNG PENILAIAN

1. Apabila mahasiswa memiliki kemampuan kurang dalam baca tulis al-Quran, maka ybs harus ikut les privat intensif selama 16 kali pertemuan (sekali seminggu x 60 menit) dengan siapapun yang dikehendaki dan dimanapun, dan harus menyerahkan laporan les yang berisi tanggal, materi les serta nama dan tanda tangan pembimbing, menjelang UAS.

2. Naskah TDI dianggap sah apabila terdapat stempel asli dari BDM, serta tidak dituliskan orang lain. Kualitas dan kuantitas rangkuman TDI sangat berpengaruh pada penilaian.

3. Metode penulisan makalah (terutama penulisan kutipan) harus mengikuti pedoman penulisan karya ilmiah (PPKI) Universitas Negeri Malang dan pedoman ejaan bahasa Indonesia yang benar.

4. Makalah harus dilengkapi dengan ayat al-Quran dan terjemahannya yang terketik komputer atau menggunakan software al-Quran Digital atau al-Quran in Word.

5. Makalah sebelum digandakan dikonsultasikan dulu dengan dosen 1 minggu sebelum presentasi, dan harus sudah dibagikan pada seluruh mahasiswa paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan diskusi (H-1).

6. Materi diskusi disampaikan dengan LCD projector (bila tersedia) dengan program Powerpoint (maks. 10 slide) dan hasilnya diserahkan dalam bentuk file komputer. Semua sarana dipersiapkan oleh kelompok yang bersangkutan.

7. Jumlah halaman makalah min. 10 hal (tidak termasuk cover, kata pengantar, daftar isi) dan bahan rujukan min. 5, dengan ukuran spasi latin 1,5 font. 12 Times New Roman, kertas A4, margin atas 2,5, bawah 2, kanan 2,5, kiri 2, dan spasi arab 1 font 16.

8. Menjelang UTS, buku TDI dan revisi makalah semua kelompok (yang sudah terjilid jadi satu) harus sudah dikumpulkan.

9. Setiap perkuliahan mahasiswa harus membawa buku ajar PAI dan Mushaf al-Quran (HP al-Quran).

10. Rujukan dari internet atau dari sumber lain harus diedit terlebih dahulu dan disesuaikan dengan topik bahasan.

11. Setiap makalah harus dilengkapi footnote/innote yang sesuai dengan daftar pustaka

12. Mohon diperhatikan penulisan hurup besar, cetak miring, cetak tebal dan penomoran bab/sub bab.

Contoh Penulisan Innote yang sesuai dengan daftar pustaka:

Lebih dari itu, Al-Hana (dalam Madjid, 1997:23) menyimpulkan bahwa sistem pengajaran kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan itu memiliki persamaan dengan sistem belajar tuntas. Dalam lingkup yang lebih luas, ternyata sampai sekarang kitab kuning masih tetap dipakai di masyarakat sebagai rujukan permasalahan keagamaan, terutama dalam kegiatan bahsul masail NU atau majlis tarjih Muhammadiyah mulai tingkat daerah sampai ke tingkat nasional. Dhofier (1982:40) menambahkan, untuk pesantren di Jawa dan Madura, penyebaran keilmuan, jenis kitab dan sistem pengajaran kitab kuning memiliki kesamaan, yaitu sorogan dan bandongan. Kesamaan-kesamaan ini menghasilkan homogenitas pandangan hidup, kultur dan praktik-praktik keagamaan di kalangan santri (Fajar, 2003:12).

 

Daftar Pustaka

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Penerbit Paramadina

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Fajar, A. Malik. 2003. Sintesa Antara  Perguruan Tinggi dan Pesatren: Upaya Menghadirkan Wacana Pendidikan Alternatif. Artikel diakses dari situs: www.ditpertais.net tanggal 15 Januari 2010.

 

Contoh anotasi bab dan subbab

Bab I: Pendahuluan

A. ……………….

1. …………………..

a. …………………..

(1) ………………………

(a) ……………………..

Silahkan download Silabi PAI FT 2011

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: