Mars HTQ yang Membuat Bulu Merinding dan Mata Berkaca-kaca

Selama ini jarang sekali saya merinding maupun berkaca-kaca saat mendengar alunan musik maupun nyanyian yang merdu mendayu sekalipun, paling-paling hanya suka saja lalu ingin menirukan. Berbeda halnya dengan mars (nyanyian bersama tanpa musik) yang dilantunkan oleh para mahasiswa-mahasiswi anggota Hai’ah Tahfidz al-Quran (HTQ, Organisasi Penghafal Al-Quran) dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang pada pertengahan tahun 2009 yang lalu, dalam acara pembukaan Sekolah Tafsir tahun I. Saat mendengar mars itu entah kenapa bulu kuduk saya jadi merinding dan hampir meneteskan air mata. Beberapa teman dan hadirin yang saat itu datang termasuk Rektor UIN Malang Prof. DR. Imam Suprayogo juga mengalami hal demikian.

Hebatnya lagi, meskipun mars tersebut berulang kali didendangkan dalam setiap acara formal HTQ seperti pembukaan Ta’aruf Qurani, Karantina Al-Quran, serta Perpisahan wisudawan anggota HTQ, tetap saja memberikan suasana emosional yang relatif sama. Menurut saya, ada beberapa faktor yang membuat mars ini begitu “magic”, diantaranya: mars tersebut disusun dalam bahasa Arab yang mudah dicerna maknanya, disusun oleh anggota HTQ sendiri atas bimbingan beberapa ustadz pembina, nada dan suara berkolaborasi secara manis dan harmonis, serta didukung para pembawa syair yang memiliki power suara dan vibra yang indah. Belum lagi bila mars itu dihayati dengan nuansa psikologi qur’ani, seakan  mars itu bercerita betapa mulianya para remaja dan remaji yang menghabiskan waktunya semata untuk menghafalkan al-Quran dan mengagungkan kalam ilahi, padahal di luar sana para remaja seusia itu pada menghabiskan waktu mereka untuk hura-hura dan pesta berkepanjangan.Bahkan, pada tanggal 17 Desember 2010 lalu , UIN mengundang da’i kondang yaituUstd. Yusuf Mansur dari Tangerang (pengasuh Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran, PPPA Darul Quran) untuk menyampaikan tausiyah terkait program menghafalkan Al-Quran. Pada saat mars dibacakan, beliau terlihat menunduk seakan tidak sanggup menahan linangan air mata yang membasahi dua pipinya. Seusai acara tersebut, beliau memuji suara qori’ dan juga mars HTQ yang telah dilantunkan. Menurut beliau setelah kita lihat dan kita dengar dari lantunan ayat suci Al-Qur’an dan Mars tadi, jika kita rekam dan kemas dalam bentuk CD maka dan dijual maka akan mengahasilkan uang yang banyak dan bisa jadi kaya. beliau berjanji akan menjadikan mars tersebut sebagai mars wajib diseluruh pesantren dan lembaga binaan PPPA Darul Quran. Sebagai ungkapan kekagumannya pada HTQ UIN Malang, akhirnya beliau meminta untuk diselenggarakan Musabaqah Tilawah, Tahfidz dan Tafsir dengan hadiah masing-masing Umrah ke tanah suci.

Mars tersebut berisi ajakan pada kawula muda khususnya para mahasiswa/i untuk bergabung dengan HTQ agar mampu menggapai ridla ilahi, berikut ini sedikit cuplikan syairnya:

هيئتنا هيئة تحفيظ القرآن هيا ………… القرآن

لتربية أبناء الزمان عن ظلمة جهل الإنسان لطلب رضا الرحمن

هيا إخواننا أهل القرآن، هيا إخواننا أهل الفرقان

اعلموا واذهبوا……… وادخلوا في هيئة تحفيظ القرآن

يا ربنا أتمم لنا يا ربنا وفق لنا واهدنا في سبيل

Bagi para pembaca yang ingin mendengar  mars tersebut, silahkan klik di:  http://www.mediafire.com/?rta77dc8cd6rclc atau ingin download videonya di: http://www.mediafire.com/file/apm3ae5c6dkhgy3/Mars%20HTQ.VOB . Semoga HTQ bisa terus berkarya untuk memberikan motivasi qurani yang  konstruktif melalui lagu, tulisan, dan prestasi. Selamat berjuang dan berdakwah (Syafaat, 28 Maret 2011)

(Cahayaqurani.wordpress.com/syafaat)

One Response

  1. Subhanallah

    Saya tahun depan insyaallah

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: