Silabus Matakuliah PAI dan TDI UM 2011

A. Tujuan Pembelajaran PAI

Mahasiswa mampu memahami berbagai aspek ajaran dalam Islam dan mengintegrasikannya dalam kepribadian dan tingkah-lakunya serta dapat mengaplikasikannya ke dalam disiplin ilmu masing-masing.

B. Pokok-Pokok Bahasan (Kamis)

Pert. Ke

Tanggal

Topik

I

18 Agustus 2011

Perkenalan dan Kontrak Perkuliahan

II

25 Agustus 2011

Konsep Ketuhanan dalam Islam

III

15 September 2011

Konsep Iman dan Takwa

IV

22 September 2011

Hakikat Manusia Menurut Islam

V

29 September 2011

Sumber Hukum Islam

VI

6 Oktober 2011

Menyikapi perbedaan madzhab dalam Islam

VII

13 Oktober 2011

Hakikat dan fungsi ibadah

VIII

20 Oktober 2011

Peran akhlaq dalam pembinaan kepribadian muslim

IX

27 Oktober 2011

Midle test (UTS)

X

3 Nopember 2011

Al-Qur’an dan sains modern

XI

10 Nopember 2011

Kerukunan Umat Beragama dalam pandangan Islam

XII

17 Nopember 2011

Islam dan Pelestarian Lingkungan

XIII

24 Nopember 2011

Posisi khilafah dan demokrasi dalam sistem politik Islam

XIV

1 Desember 2011

Kontribusi umat Islam terhadap peradaban Barat

XV

8 Desember 2011

Pandangan Islam tentang produk teknologi modern

XVI

15 Desember 2011

Prinsip dasar berbisnis menurut Islam

XV

22 Desember 2011

UAS

* Mulai pertemuan IX sampai XIV perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk diskusi

C. Aspek-Aspek Penilaian

1. Kehadiran kuliah (min.11 pertemuan) dan TDI (min. 7 pertemuan)

2. Keaktifan dalam proses perkuliahan dan diskusi

3. Kualitas makalah dan Presentasi

4. Tes harian, UTS dan UAS (tes baca tulis al-Qur’an)

5. Akhlaq dalam bertindak dan berbusana

6. Kelengkapan belajar (buku ajar dan mushaf al-Quran)

 

D. Metode Perkuliahan

Ceramah, Tanya-jawab, Cooperatif  learning, Diskusi

E. Referensi

Tim Dosen PAI UM, 2009, Aktualisasi Pendidikan Islam, Pasuruan: Hilal Press

Azra, Azyumardi dkk, 2002, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Jakarta: Dipertais Depag RI

Shihab, M. Quraish, 1998, Wawasan Al-Qur’an, Cet. VIII, Bandung: Penerbit Mizan

Madjid, Nurcholis, 2000, Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. IV, Jakarta: Penerbit Yayasan Wakaf Paramadina

DESKRIPSI TOPIK MAKALAH DISKUSI

 

Topik

Deskripsi

Al-Qur’an dan sains modern

Uraikan dalam makalah isi kandungan al-Quran yang relevan dengan disiplin ilmu fisika, biologi, kimia, sosiologi, psikologi, astronomi dll.

Kerukunan Umat Beragama dalam pandangan Islam

Uraikan dalam makalah tentang batasan toleransi pergaulan dengan nonmuslim yang perbolehkan; hukum mengikuti upacara keagamaan agama lain atau mengucapkan selamat; hukum perkawinan beda agama.

Islam dan Pelestarian Lingkungan

Uraikan dalam makalah hukum pencemaran lingkungan, illegal logging, batasan eksploitasi sumber daya alam yang diperbolehkan dan yang dilarang.

Posisi khilafah dan demokrasi dalam sistem politik Islam

Uraikan dalam makalah tentang mana yang lebih relevan penerapan sistem khilafah atau demokrasi untuk konteks Indonesia?; bagaimana model pemerintahan ala Rasulullah dan khulafaur rasyidun?; adakah titik temu antara sistem politik Islam dengan sistem demokrasi?

Kontribusi umat Islam terhadap peradaban Barat

Uraikan dalam makalah tentang kontribusi para ilmuwan muslim pada kemajuan Barat sejak abad pertengahan, seperti: Ibn Khaldun, Ibn Batutah, Ibn Thufail, Khawarizmi dll.

Pandangan Islam tentang produk teknologi modern

Uraikan dalam makalah tentang hukum kloning, transplantasi organ, bayi tabung, pernikahan jarak jauh via video conference atau internet, operasi ganti kelamin dll.

Prinsip dasar berbisnis menurut Islam

Uraikan dalam makalah tentang hukum jual beli, hukum riba, macam-macam riba, bunga bank, valuta asing, jual beli kredit, jual beli via internet  dll.

Pandangan Islam tentang budaya dan seni

Uraikan dalam makalah tentang hukum melukis, mematung, menari, menyanyi dll.

 

 

ASPEK-ASPEK PENDUKUNG PENILAIAN

 

1. Apabila mahasiswa memiliki kemampuan kurang dalam baca tulis al-Quran, maka ybs harus ikut les privat intensif selama 16 kali pertemuan (sekali seminggu x 60 menit) dengan siapapun yang dikehendaki dan dimanapun, dan harus menyerahkan laporan les yang berisi tanggal, materi les serta nama dan tanda tangan pembimbing, menjelang UAS.

2. Naskah TDI dianggap sah apabila terdapat stempel asli dari BDM, serta tidak dituliskan orang lain. Kualitas dan kuantitas rangkuman TDI sangat berpengaruh pada penilaian.

3. Metode penulisan makalah (terutama penulisan kutipan) harus mengikuti pedoman penulisan karya ilmiah (PPKI) Universitas Negeri Malang dan pedoman ejaan bahasa Indonesia yang benar.

4. Makalah harus dilengkapi dengan ayat al-Quran dan terjemahannya yang terketik komputer atau menggunakan software al-Quran Digital atau al-Quran in Word.

5. Makalah sebelum digandakan dikonsultasikan dulu dengan dosen 1 minggu sebelum presentasi, dan harus sudah dibagikan pada seluruh mahasiswa paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan diskusi (H-1).

6. Materi diskusi disampaikan dengan LCD projector (bila tersedia) dengan program Powerpoint (maks. 10 slide) dan hasilnya diserahkan dalam bentuk file komputer. Semua sarana dipersiapkan oleh kelompok yang bersangkutan.

7. Jumlah halaman makalah min. 4 hal (tidak termasuk cover, kata pengantar, daftar isi) dan bahan rujukan min. 3 buku, 3 online, dengan ukuran spasi latin 1,5 font. 12 Times New Roman, kertas A4, margin atas 2,5, bawah 2, kanan 2,5, kiri 2, dan spasi arab 1 font 16.

8. Menjelang UTS, buku TDI dan revisi makalah semua kelompok (yang sudah terjilid jadi satu) harus sudah dikumpulkan.

9. Setiap perkuliahan mahasiswa harus membawa buku ajar PAI dan Mushaf al-Quran (HP al-Quran).

10. Rujukan dari internet atau dari sumber lain harus diedit terlebih dahulu dan disesuaikan dengan topik bahasan.

11. Setiap makalah harus dilengkapi footnote/innote yang sesuai dengan daftar pustaka

12. Mohon diperhatikan penulisan hurup besar, cetak miring, cetak tebal dan penomoran bab/sub bab.

 

Contoh Penulisan Innote yang sesuai dengan daftar pustaka:

Lebih dari itu, Al-Hana (dalam Madjid, 1997:23) menyimpulkan bahwa sistem pengajaran kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan itu memiliki persamaan dengan sistem belajar tuntas. Dalam lingkup yang lebih luas, ternyata sampai sekarang kitab kuning masih tetap dipakai di masyarakat sebagai rujukan permasalahan keagamaan, terutama dalam kegiatan bahsul masail NU atau majlis tarjih Muhammadiyah mulai tingkat daerah sampai ke tingkat nasional. Dhofier (1982:40) menambahkan, untuk pesantren di Jawa dan Madura, penyebaran keilmuan, jenis kitab dan sistem pengajaran kitab kuning memiliki kesamaan, yaitu sorogan dan bandongan. Kesamaan-kesamaan ini menghasilkan homogenitas pandangan hidup, kultur dan praktik-praktik keagamaan di kalangan santri (Fajar, 2003:12).

Daftar Pustaka

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Penerbit Paramadina

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Fajar, A. Malik. 2003. Sintesa Antara  Perguruan Tinggi dan Pesatren: Upaya Menghadirkan Wacana Pendidikan Alternatif. Artikel diakses dari situs: www.ditpertais.net tanggal 15 Januari 2010.

Contoh pengaturan anotasi bab dan subbab

Bab I: Pendahuluan

A. ……………….

     1. …………………..

          a. …………………..

              (1) ………………………

                    (a) ……………………..

 

 

 

Jadwal Tafaqquh fi dien al-Islam (TDI)

Semester Gasal 2011-2012

No

Tanggal

Penceramah

Judul Ceramah

Paserta (Mhs fak)

1

20 Agustus 2011

M. Dahlan Ridlwan

Adab bagi para pencari ilmu

FIP, FT, FIS

2

17 September 2011

H. M. Thoha AR

Menyiapkan  generasi muslim yang tangguh

FE, FS, FIK

3

24 September 2011

Yusuf Hanafi

Revolusi Ilmu Pengetahuan: Mengapa Terjadi di Dunia Barat, Bukan di Dunia Islam

FIP, FT, FIS

4

1 Oktober 2011

Syafruddin AR

Mengapa harus beragama?

FE, FS, FIK

5

8 Oktober 2011

Achmad Sultoni

Taubat; Sarana menuju ridlo ilahi

FIP, FT, FIS

6

22 Oktober 2011

H. A. Manan Idris

Konsekwensi menjadi seorang muslim

FE, FS, FIK

7

29 Oktober 2011

Hj. Jazimah

Kewajiban anak pada orangtua

FIP, FT, FIS

8

5 Nopember 2011

H. Khoirul Adib

The power of Sabar

FE, FS, FIK

9

12 Nopember 2011

Munjin Nasih

Jihad dalam perspektif Islam

FIP, FT, FIS

10

19 Nopember 2011

Abdul Adhim

Pengaruh penjiwaan al-Quran terhadap kecerdasan intelektual mahasiswa

FE, FS, FIK

11

26 Nopember 2011

Lilik Nur Kholidah

Menyiapkan generasi muda

FIP, FT, FIS

12

3 Desember 2011

Muchsin Zain

Trinitas menurut pandangan Islam

FE, FS, FIK

13

10 Desember 2011

Malikah Thowaf

Islam nusantara: Dialektika Islam dengan tradisi lokal

FIP, FT, FIS

Catatan:

  1. TDI dimulai jam 6.30 – 08.00, kemudian disusul bimbingan baca al-Quran (BBQ) mulai jam 08.00 – 09.00.


Kegiatan kelompok pilihan:

 

1. Shalat tahajjud dan dzikir bersama

2. Kunjungan dan berderma pada fakir miskin

3. Tadarrus bersama

4. Kunjungan ke pengasuh pesantren

5. Melakukan puasa sunnah Senin-Kamis

6. Kursus membaca al-Quran bersama

Kegiatan Personal:

1. Memakai jilbab islami selama 1 semester

2. Membaca buku-buku keislaman

3. Berbicara dengan “boso” (memakai kromo inggil) pada orang tua

4. Aktif menjalankan shalat lima waktu berjamaah

5. Membaca al-Quran setiap setelah maghrib min 15 menit

6. Mengikuti pengajian umum di masjid

%d bloggers like this: