Syaikhul Qurra’ dari Singosari: KH. Basori Alwi

Basori alwi

Oleh. Syafaat

Prolog

Tidak terlalu sulit untuk menemukan kediaman beliau, Syaikhul Masyayikh KH. Basori Alwi. Kediaman beliau berhimpitan dengan bangunan empat lantai Pesantren Ilmu Al-Quran (PIQ), tempat beliau berkhidmat ilmu, di kawasan pasar induk Singosari.  Kwasan ini merupakan jalur utama transportasi Surabaya – Malang. Dari arah Surabaya setelah melewati pasar Singosari terlihat bangunan tinggi berwarna biru di sebelah kiri dan terpampang tulisan “Ma’had ad-Dirasat al-Quraniyyah / Pesantren Ilmu Al-Quran (PIQ).   Mulai dari kalangan rakyat jelata hingga pejabat dan ulama’ di Malang Raya nyaris pasti mengenal sosok ketokohan dan keteladanan beliau. Bagaimana tidak? Sejak era 70-an beliau sudah memperkenalkan sentuhan seni dalam membaca al-Quran kepada ummat. Bahasa Arab yang banyak dipelajari secara pasif di pesantren, di tangan beliau sedikit demi sedikit bergeser menjadi bahasa aktif melalui pembelajaran muhadatsah yang beliau gagas. Siapa beliau? Ikuti ulasannya berikut ini:

Terlahir dari keluarga Qur’ani

Tak salah jika predikat al-Qur’an selalu disematkan masyarakat ke pundak KH. Basori Alwi. Sebab sejak kecil, putra pasangan Kiai Alwi Murtadlo dan Nyai Riwati ini, memang telah akrab dengan al-Qur’an. Selepas belajar pada ayahandanya, lelaki kelahiran Malang 15 April 1927 ini, kemudian berguru pada Kiai Muhith – seorang penghafal al-Qur’an dari pesantren Sidogiri Pasuruan. Lalu kepada kakak kandungnya sendiri Kiai Abdus Salam. Beliau juga pernah belajar kepada Kiai Yasin Thoyyib dan Kiai Dasuqi di Singosari, serta Kiai Abdul Rosyid di Palembang.

Selain orang tuanya, kakeknya juga terkenal alim dan sangat gemar membaca al-Qur’an. Tak heran kalau kegemaran dan bakat itu akhirnya menitis pada beliau. Itulah pasalnya kenapa Basori kecil kerap diminta Kepala MI al-Ma’arif – tempatnya menimba ilmu, untuk mengajar pada saat kelas kosong. Tanggapan siswa lainnya sangat positif. Bahkan kakak kelasnya pun merasa senang dengan cara mengajarnya.

Meskipun demikian, beliau masih saja merasa haus dalam menimba ilmu-ilmu al-Qur’an. Itulah sebabnya, saat tinggal di Solo tahun 1946 s/d 1949, beliau menyempatkan belajar di Madrasah Aliyah dan mondok di Ponpes Salafiyah Solo. Bahkan ketika sudah berkeluarga dan tinggal di Gresik, masih saja aktif mengaji kepada Kiai Abdul Karim. Adapun mengenai ilmu nagham (lagu-lagu al-Qur’an), diperolehnya dari Kiai Damanhuri Malang dan Kiai Raden Salimin Yogyakarta. ”Kemudian lagu-lagu al-Qur’an itu, kami perdalam melalui kaset rekaman para qari’ Mesir, khususnya Syaikh Shiddiq Al-Minsyawi,” ungkapnya.

Masa-masa Menjadi Santri

Sebelum belajar di Ponpes Salafiyah Solo, KH. Basori Alwi pernah mondok di Ponpes Sidogiri dan Ponpes Legi di Pasuruan antara tahun 1940 – 1943. Selain mengkaji ilmu-ilmu agama dengan kitab-kitab klasik khas pesantren salaf, beliau juga tekun belajar Bahasa Arab. Di samping itu juga pernah berguru kepada Syaikh Mahmud Al-Ayyubi dari Iraq, Sayyid Abdur Rahman bin Syihab Al-Habsyi – sewaktu di Solo, Syaikh Ismail dari Banda Aceh. Gurunya yang disebut paling akhir ini, adalah pengasuh ponpes al-Ghazali dan redaktur siaran berbahasa Arab di RRI Yogyakarta saat masih menjadi ibukota darurat RI.

 

Kiprahnya dalam MTQ

Di pondok pesantren maupun masyarakat luas, Pengasuh Pesantren Ilmu al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang ini, lebih akrab dipanggil dengan sebutan ustadz. Barangkali itu terkait dengan keahliannya dalam melagukan irama al-Qur’an. Apalagi beliau tak pernah absen berkiprah di Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), baik sebagai Dewan Hakim di tingkat provinsi, maupun pada tingkat nasional, karena beliaulah salah satu penggagas terbentuknya MTQ di nusantara ini.

Tokoh bidang Tilawatil Qur’an ini, juga tercatat sebagai salah satu pendiri Jam’iyatul Qura’ wal Huffadz – organisasinya para qari’ dan penghafal al-Qur’an. Di samping itu tercatat pula sebagai salah satu pencetus ide MTQ tingkat internasional – pada Konferensi Islam Asia Afrika (KIAA) di tahun 1964. Beliau juga termasuk penggagas MTQ tingkat nasional. Hingga kini beliau tak pernah absen menjadi juri, baik pada MTQ dan STQ Nasional maupun tingkat provinsi. Pada tahun 1985, KH. Basori Alwi juga pernah dipercaya menjadi juri MTQ tingkat internasional di Brunei Darussalam. Begitu pula ketika diselenggarakan di Mesir pada tahun 1998 dan Jakarta pada tahun 2003. Menurut al-Khuli, kata al-Ustadz diartikannya sebagai profesor. Kiranya teramat pas jika gelar profesor tersebut disarungkan kepadanya. Di samping memang beliau sangat piawai dalam hal pengajaran al-Qur’an, juga sebagai ulama’ ahli al-Qur’an yang cukup berpengaruh di dalam maupun luar negeri.

 

Pengabdian Tulus untuk Umat

Dalam usia 86 ini (2013), semangat untuk mengajarnya tak pernah surut. Sebab sejak muda, bidang garapan itulah yang selalu ditekuninya. Beliau telah malang melintang berkhidmat di lembaga-lembaga pendidikan; baik umum maupun agama, formal maupun informal. Karir mengajarnya itu, dimulai sejak tahun 1950 ketika masih tinggal di rumah pamannya – di daerah kawasan Ampel Surabaya. Di samping mengajar di SMI Surabaya dan PGA Negeri Surabaya, juga pernah mengajar di PGAA Negeri Surabaya selama lima tahun. ”Ketika menikah dan hijrah ke Gresik, saya masih mengajar di Surabaya,” kenangnya.

Pada tahun 1958, KH. Basori Alwi baru pulang ke Singosari. Di tempat kelahirannya ini, beliau kembali menjadi guru di PGAA Negeri Malang, serta dosen Bahasa Arab di IAIN Malang. Di samping mengajar di lembaga formal, masih aktif pula mengajar bacaan dan lagu al-Qur’an di berbagai tempat. Dan tepat pada tahun 1978, didirikanlah Pesantren Ilmu al-Qur’an (PIQ) di Singosari.

Kiprah dan andil besar KH. Basori Alwi di bidang pendidikan al-Qur’an, sungguh luar biasa. Tepat sekali jika beliau disebut sebagai pakar al-Qur’an. Sebab mantan qari’ tingkat nasional dan internasional ini, memang tiada henti-hentinya mengajar al-Qur’an dan mendakwahkannya. Beliau ibarat pendekar yang sudah malang melintah di dunia tilawah. Di tahun 1965, bersama Ustadz Abdul Aziz Muslim dan (alm.) Fuad Zain, pernah diundang untuk membaca al-Qur’an di 11 negara Asia Afrika. “Saat berkunjung ke Saudi, kami berkesempatan melakukan ibadah haji. Dan itulah haji saya yang pertama kali,” tutur ayah sebelas anak ini sambil menerawang ke masa silam.

Beliau juga termasuk sosok aktivis organisasi kemasyarakatan yang ulet, serta senantiasa konsen pada dunia dakwah Islamiyah. Buktinya pada tahun 1995 s/d 1958, beliau pernah memegang kepemimpinn Gerakan Pemuda Ansor. KH Basori Alwi bisa dibilang sebagai sosok ulama yang komplet. Di samping fasih berceramah, juga sangat produktif dalam hal tulis menulis. Selain banyak menulis buku, juga menulis risalah-risalah ringkas dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia.

Pencetak Qari’-qari handal

PIQ Singosari, memang telah menjadi salah satu kiblat penting dalam hal tilawah. Inilah tempat yang menjadi pusat pembinaan para qari’-qari’ah di Jawa Timur. Apalagi sejak semula KH Basori Alwi memang telah menjadi rujukan, baik untuk Qira’ah bit-Tartil maupun cara membaca al-Qur’an secara baik dan benar. Banyak sekali masyarakat pesantren dan umum, yang memintanya untuk mentashih bacaan al-Qur’an mereka.

 

Produktivitas dan Karya-Karyanya

Dari karya-karya tersebut, tampak sekali bahwa wawasannya teramat luas dan sangat dinamis. Ketika dunia teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang kian pesat, beliau pun tak mau ketinggalan. Bersama para santrinya, KH. Basori Alwi melahirkan rekaman melalui kaset, MP3 dan VCD. Di samping berisi panduan pembelajaran al-Qur’an, juga berisi praktek metode pengajaran, teori-teori ilmu tajwid serta yang lainnya. ”Semuanya itu kami produksi sendiri di studio pesantren,” terangnya.

Beliau termasuk produktif dalam menghasilkan karya tulis. Beliau banyak menulis buku dan risalah ringkas baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Karya beliau antara lain :

– Mabadi’ Ilm At-Tajwid (Pokok-pokok ilmu tajwid)

– Miftahul Huda (panduan waqaf dan ibtida’)

– Madarij Ad-Duruus Al-Arabiyah (Pelajaran Bahasa Arab)

– Dalil-dalil Hukum Islam (terjemahan Matan Ghayah Wat Taqrib, 2 jilid)

– Al-Ghoroib Fii Ar-Rasm Al-Utsmany (seputar bacaan dan tulisan asing dalam Mushaf Rasm Utsmany)

– Fi Fadhailil Qur’an Wa Qurra’ihi (hadist-hadist tentang keutamaan Al-Qur’an dan para pembacanya)

– Dan beberapa kitab serta risalah lainnya

Prinsip Hidupnya

Sekalipun telah lanjut usia, kakek 23 cucu ini tetap aktif mengajar baik di dalam maupun luar pesantren. Kini masih rutin mengajar masyarakat umum di Kota Probolinggo, Leces, Pacet Mojokerto, Blitar, Sidoarjo dan Malang. Kiranya beliau tak pernah melupakan pesan Kyai Muhith kepadanya: Li kulli syai’in zakaatun, wa zakaatul ilmi at-ta’ liim – segala sesuatu ada zakatnya, dan zakatnya ilmu itu adalah mengajar. ”Saya merasa bersyukur, para santri yang telah lulus dari sini mau mengembangkannya ke berbagai daerah. Tak sedikit dari mereka yang bahkan telah mendirikan pondok sendiri,” ucapnya bersahaja.

Epilog, Sebuah Testimoni

Meskipun saya (al-faqir, Syafaat) tidak secara langsung berguru kepada beliau, tetapi seakan beliau menjadi guru saya sendiri. Ketika masih tinggal di Banyuwangi, saya pertama kali belajar cara baca al-Quran yang benar kepada yang terhormat Ustdz. H. Juwaini (seorang qari’ dan Imam besar Masjid Jami’ Baitur Rahman Banyuwangi, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan umur panjang) yang merupakan santri langsung dari beliau, juga ketika saya belajar di Watu gede Singosari, saya menerima banyak ilmu dari alm. KH. Mustain dan menantunya Dr. Murtadlo yang keduanya pernah belajar bahasa Arab kepada beliau.

Juga dulu (era 90-an) hampir setiap Minggu pagi saya menyimak dengan seksama ceramah beliau tentang bahaya Syi’ah dan lain-lain, meski sambil jalan-jalan pagi menyusuri rel kereta api dekat Stasiun Singosari. Sampai pada suatu ketika ada pameran Muharram di lapangan Tumapel, saya mampir di Stan Al-Kautsar (Stan Syi’ah) dan berdebat dengan beberapa orang Syiah, pada akhirnya mereka menyerah dan memberi hadiah buku yang saya inginkan, berkah ilmu beliau yang sering saya dengar dari kejauhan.

Saya juga pernah belajar khat Arab (kaligrafi) sekitar dua bulan kepada yang terhormat Ustd. Misbahul Munir (Khattath, Qari’ dan Imam Masjid Jami’ Malang). Beliau juga santri dari syaikhul qurra’ KH. Basori Alwi. Juga sejak duduk di bangku MI, ada dua buku yang selalu saya bawa kemana-mana, yaitu Mabadi’ Fi Ulum at-Tajwid dan Madarij Ad-Duruus Al-Arabiyah, ternyata juga karya agung beliau. Begitu banyak saya mengenal alumni PIQ, mayoritas mereka berkompeten di bidang al-Quran dan bahasa Arab. Semua itu adalah buah dari ketulusan beliau mengajarkan ilmunya kepada para santri yang patut kita teladani. Semoga Allah mengkaruniakan beliau usia yang panjang dan kesehatan, sehingga obor ilmu beliau senantiasa menerangi kita semua, amin.

(Biografi di atas saya ambil dari beberapa sumber dengan sedikit editing, diantaranya dari http://zulfanioey.blogspot.com, dan http://feera22.blogspot.com).

2 Responses

  1. luar biasa, mungkin anda punya rekaman qiroah zaman KH. Bashori Alwi muda? saya mau ustadz.

    • Maaf, blm punya.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: