Asyiknya Kuliah Sambil Menyelami Ilmu Al-Quran di ASC Universitas Negeri Malang

Tak kalah dengan UIN Malang dan Unisma Malang yang keduanya telah memiliki lembaga pembinaan al-Quran berupa HTQ (Hai’ah Tahfidz al-Quran) dan JQH (Jamiyatul Qurra’ wal Huffadz), Universitas Negeri Malang juga telah mendirikan wadah baru yang bernama ASC (al-Quran Study Club) yang  telah berdiri dan dilaunching sejak tanggal 29 Januari 2011 lalu di Aula kantor LEPPA (lembaga pembina pendidikan Agama, d/h P2KB UM). Sejumlah dosen dan sekitar 150 mahasiswa dan mahasiswi ikut hadir memeriahkan acara ini. Jumlah peserta dan hadirin launching perdana tersebut di luar dugaan panitia yang hanya menyediakan tempat untuk 50 orang. Hal ini menunjukkan tingginya animo mahasiswa UM untuk belajar al-Quran.

Sebagai organisasi ekstra kampus yang masih baru, ASC akan terus melakukan sosialisasi dan merekrut anggota sebanyak-banyaknya, demi memasyarakatkan al-Quran di kampus UM. Organisasi ini merupakan wahana penyiapan kafilah MTQ UM yang akan berkompetisi di tingkat lokal, regional maupun nasional, disamping juga mengakomodir mahasiswa/i yang memiliki bakat tilawah, tartil, kaligrafi, tahfiz, karya ilmiah dan fahmil Quran.  Kegiatan ini dikelola oleh para mahasiswa peraih juara pada MTQ lokal UM beberapa minggu yang lalu. Organasasi didukung oleh PR III dan Bagian Kegiatan Kemahasiswaan (Kesma) UM dan di bawah pembinaan dosen-dosen PAI UM, serta Lembaga Pembina Pendidikan Agama (LEPPA) UM. Ada beberapa program yang dilaksanakan: (1) Program insidental, yang meliputi khotmil Qur’an dll, (2) Program rutin mingguan, yang meliputi pelatihan Qiro’ah,  Tartil, Kaligrafi, Fahmil Quran, (3) Program rutin bulanan, meliputi  try Out, sosialisasi, pembuatan buletin, (4) Program rutin tahunan, meliputi karantina calon kafilah MTQ tk. regional dan nasional,  Pameran galeri kaligrafi,  Seminar tentang Al-Quran, Rihlah, MTQ intern UM, (5) Program layanan kursus untuk non anggota; (a) baca tulis al-Quran, dan (b) terjemah al-Quran.

Organisasi ini juga membuka bimbingan/kursus baca dan terjemah al-Quran, baik berkelompok maupun privat untuk umum. Selain itu juga dibuka bimbingan kaligrafi dan tahfidz. Bagi anggota tetap akan mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya mengikuti semua bimbingan secara gratis. Alhmadulillah di awal tahun 2013 ini ASC bisa bergabung dan bernaung di bawah Takmir Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang, dan kegiatannya sekarang terfokus di beberapa ruangan di Masjid Al-Hikmah. Dalam waktu yang tidak lama lagi, forum ASC ini akan menyelenggarakan bimbingan baca al-Quran untuk civitas UM dengan metode Ummi.

Bagi Anda, mahasiswa UM, yang berminat bergabung dengan ASC  ini, silahkan menghubungi Sdr. Faishol 085655524700 (Ketua ASC 2013-2014).

 

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: