Mario Teguh, Sosok Motivator Religius Terdepan Indonesia

Mario_Teguh

Oleh Syafaat

Tutur katanya yang sopan, sejuk dan sedikit humoris, kata-katanya yang indah menawan dengan racikan hikmah religius, serta kecerdasan emosional dan spiritual yang terbantah, menjadi ciri khas Mario Teguh di MetroTV Senin Malam.

Siapapun yang mencermati kata demi kata yang disampaikan, akan mendapatkan informasi berharga untuk perbaikan diri. Bagi seorang muslim, jelas sekali begitu banyak inspirasi al-Quran maupun Hadis Nabi yang melatari keindahan kalimat Mario Teguh meski dibalut secara rapi hingga menjadi bahasa universal yang bisa diterima semua kalangan.

Mario Teguh (bernama asli Sis Maryono Teguh yang terlahir di Makassar5 Maret 1956) adalah seorang motivator dan konsultan asal Indonesia. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975. Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang dan Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).

Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, BIMC sebagai Head of Manager, Zamre Ab. Wahab, BSB Bank (1986–1989) sebagai Manager Business Development, Aspac Bank (1990–1994) sebagai Vice President Marketing & Organization Development, Exnal Corp Jakarta (1994–sekarang) sebagai CEO dan Senior Consultant. Kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunitas Mario Teguh Super Club (MTSC).

Di tahun 2010, Beliau terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta. Sebelumnya Beliau membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia. Pada tahun 2003 mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Dan pada tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai motivator dengan halaman penggemar Facebook terbesar di Indonesia.

Hal yang menjadi kekuatan Pak Mario yang jarang ditemukan pada motivator lainnya adalah spontanitasnya dalam menjawab pertanyaan yang bermuara pada rajutan kata mutiara yang indah. Beliau nyaris tak pernah terbata-bata dalam pengucapan, seakan tak kelihatan proses berpikir dalam raut wajahnya. Kekentalan materi religiusnya terlihat pada frekwensi kata “Tuhan” yang sangat banyak pada setiap penyampaian. Dalam pandangan beliau, bahwa Tuhan tak pernah berhenti mengawasi dan menolong hambanya yang memang layak ditolong, sehingga pamrih pada manusia itu harus dikalahkan oleh pamrih pada Tuhan.

Beliau layak menurut saya disebut sebagai seorang sufi modern yang berjubahkan jas mewah dan bersurbankan dasi, meski masih membalutkan tasbih kecil di pergelangan tangan kanannya. Sempurnakah dia? Jelas manusia tidak ada yang sempurna, banyak kekurangan di sana-sini. Tapi untuk apa mengungkap kekurangan orang lain, sementara kekurangan kita tak pernah habis untuk ditaubati.

Semoga dia tetap eksis di hati masyarakat, untuk meringankan beban kegalauan hidup yang melanda masyarakat modern. Super untuk Mario.

One Response

  1. Memang super Pak Mario

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: