Pesantren Tahfidz Raudhatus Shalihin, Idola Mahasiswa dari Beberapa Kampus di Malang

Ust. Husaini

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Raudhatus Shalihin merupakan pondok pesantren yang mempunyai umur relatif muda dibandingkan dengan pondok pesantren lainya yang berada di Kota Malang. Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. M. Chusaini, seorang Hafizh AlQur’an dan juga merupakan Imam Masjid Raudhatus Shalihin Wetan Pasar  Besar Malang.

Awal mulanya, beliau tidak ada niat untuk mendirikan pondok pesantren. Bermula dari keadaan Masjid Raudhatus Shalihin yang semakin hari semakin bertambah jamaahnya dan juga karena letaknya yang sangat strategis yaitu berdekatan dengan pasar sehingga kebersihan masjid kurang terjaga. Olah karena itu, masjid membutuhkan tenaga kebersihan (Petugas Cleaning Service) untuk menjaga dan merawatnya. Para Petugas Cleaning Service tersebut selain bertugas menjaga dan merawat masjid, meraka juga dituntut untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan masjid. Salah satu kegiatanya adalah pengajian Al-Qur’an (terutama tentang hafalan Al-Qur’an).

Berhubung pada waktu itu belum ada kamar untuk Petugas Cleaning Service, maka mereka ditempatkan di masjid lantai empat (bekas ruang perpustakaan masjid). Akhirnya, pada tanggal 22 Agustus 2002 diresmikan pendirian Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Raudhatus Shalihin oleh KH. M. Chusaini dengan disaksikan Sesepuh Huffazh Kota Malang yaitu KH.Abdullah Faqih (salah seorang murid Al-’Allamah KH. Arwani Amin, Kudus) dan didukung oleh anggota Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh (JQH) Kota Malang yaitu Ust. H. Hasyim, Ust. H. Nur Kholis, Ust. H. Ali Basyar, Ust. H.M. Ulin Nuha, Ust. Imam Sukarlan, Ust. H.M Yunus dan yang lainya.

Namun seiring perjalanan waktu, jumlah santri semakin bertambah, sehingga kamar yang berada di atas masjid tidak mampu lagi menampung jumlah seluruh santri. Hal tersebut menyebabkan Pengasuh PPTQ Raudhatus Shalihin membeli sebuah rumah di dekat masjid yang sudah lama tidak ditempati oleh pemiliknya sebagai solusi untuk menampung para santri. Akhirnya, saat itu juga PPTQ Raudhatus Shalihin resmi mempunyai gedung asrama sendiri. Dengan demikian, segala aktivitas belajar-mengajar yang biasanya dilaksanakan di masjid, dipindah di gedung baru tersebut.

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Raudhatus Shalihin ini terletak di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, tepatnya berada di Jalan Kopral Usman I/05. Pondok ini tidak jauh dari keramaian kota, karena sekitar 30 meter sebelah barat pondok tersebut terdapat Pasar Besar Malang, yang merupakan pusat perbelanjaan masyarakat dan termasuk salah satu pasar terbesar di Malang Raya (meliputi Kota Malang, Kab. Malang dan Kota Batu). Sedangkan untuk menuju alun-alun kota pun hanya butuh waktu ± 10 menit dengan berjalan kaki atau hanya menempuh jarak ± 60 meter. Pondok  pesantren ini juga dikelilingi mal-mal besar, kantor-kantor pemerintah dan juga ruko-ruko yang berada disepanjang jalan.

Dengan letak di tengah-tengah kota tersebut, maka banyak orang yang tidak tahu akan keberadaan pondok Al-Qur’an ini. Karena sebuah pondok pesantren Al-Qur’an biasanya terletak di sebuah dusun yang jauh dari keramaian. Hal ini dikarenakan karena menghafal Al-Qur’an itu membutuhkan suasana yang sunyi dan sepi juga jauh dari kebisingan dan

keramaian. Akan tetapi bagi santri PPTQ Raudhatus Shalihin keadaan yang demikian bukanlah menjadi penghalang untuk menghafalkan Kalamullah (AlQur’an). Selanjutnya sajian visual tentang lokasi PPTQ Raudhatus Shalihin Malang.

Berikut ini prestasi para santri di ajang musabaqah di tingkat regional dan nasional

prestasi

  • Tulisan ini diadopsi dari Skripsi S1 Sdr Romdloni (Mahasiswa UIN Malang 2010)

2 Responses

  1. jarak pondok ke um malang berapa kilo

    • sekitar 3 km

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: