Empat Hari Bersama Al-Quran

setoran

Oleh Syafaat

Seusai dilaunching organisasi Al-Quran Studi Club (ASC) di Universitas Negeri Malang (UM) pada bulan Maret 2013 yang lalu, banyak hal yang berubah dari suasana masjid al-Hikmah UM. Setiap hari Sabtu mulai pagi hingga siang hari, banyak halaqah2 ke-alQuran-an mulai dari kaligrafi, tartil, tilawah, fahmil Quran, serta karya ilmiah al-Quran, meski hari itu termasuk hari libur kampus.Hal yang lebih membanggakan lagi adalah pada hari-hari aktif kuliah mulai Senin hingga Kamis (selama empat hari perminggu) di sela-sela istirahat kuliah siang (jam 12.30 – 13.15), puluhan mahasiswa /mahasiwi menyempatkan diri untuk setoran hafalan al-Quran yang bertempat di aula perpustakaan masjid Al-Hikmah UM. Semakin hari peminat dari kegiatan tahfidz ini semakin banyak, dari yang awalnya sekitar 50 mahasiswa/i kini hampir mencampai 100 orang. Dengan dibimbing dua orang pentashih  dari dosen UM, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk menstabilkan motivasi hafalan mereka, panitia menyiapkan lembar komitmen yang berisi target hafalan serta waktu yang dibutuhkan untuk menggapainya. Kemudian mereka diberikan kartu tanda setoran hafalan yang harus dibawa setiap hari. Ruangan yang luas dan nyaman menambah kegairahan mereka untuk belajar membaca dan me nghafal al-Quran.

Para mahasiswa yang mengikuti program ini datang hampir dari semua jurusan dan fakultas di Universitas Negeri Malang. Memang mahasiswa jurusan Sastra Arab awalnya mendominasi peserta, namun sekarang hampir merata dari semua jurusan. Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis untuk semua peserta. Selama sebulan berlangsung rata-rata peserta sudah hampir hafal dua juz, meski sebagian ada juga yang mencapai juz 9 sebagai kelanjutan dari program sebelumnya. Kelak terlahir dari kampus ini sarjana-sarjana matematika, bahasa Inggris yang hafal al-Quran. Juga suatu hari akan tumbuh para pendidik yang tidak hanya lihai dengan rumus tetapi juga lidahnya basah dengan lantunan merdu ayat-ayat al-Quran.

Sungguh tidak terbayang sebelumnya, di perguruan tinggi umum seperti Universitas Negeri Malang ini ternyata bisa tumbuh kegiatan religius seperti itu. Bukan tidak mungkin pada bulan-bulan mendatang, semarak kegiatan semacam ini melebihi apa yang terjadi di kampus-kampus Islam. Semoga kesejukan al-Quran mampu meneduhkan suasana kampus dan hati seluruh civitas akademik, amin.

One Response

  1. Subhnalloh alangkah bruntngny kalian whai saudara2 ku aku jdi iri

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: