Bayt al-Quran: Pesantren Wirausaha untuk Penghafal Al-Quran yang Gratis dan Istimewa

BAYT

Mencari sosok huffadh yang sekaligus kuat secara ekonomi dan luas wawasannya, memang sulit rasanya. Karena di banyak pesantren al-Qur’an, para santri hanya diberi tugas untuk menghafal al-Qur’an namun kurang mendapat bekal keilmuan, apalagi kewirausahaan. Pondok Pesantren Bayt al-Qur’an Jakarta yang berada di bawah Pusat Studi Al-Qur’an, mencoba untuk menjawab tantangan tersebut.

Pondok pesantren ini mengadakan program pembibitan santri huffadh mulai tahun 2009. Program ini membekali santri dengan berbagai macam ilmu. Mulai dari ilmu tafsir al-Qur’an, Ilmu Qiro’at, Ulumul Qur’an hingga kajian kitab kuning. Para gurunya pun memang mereka yang sudah bergelut di dunia al-Qur’an. Antara lain, Prof. Dr. Quraish Shihab, MA, pengarang tafsir al-Misbah. Selain itu, para santri juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan, pengembangan diri hingga jurnalistik.

Kewirausahaan yang sudah berjalan selama ini antara lain membuat kacang goreng, membuat telor asin, membuat kripik tempe, pengembangbiakan bibit ikan lele, menanam sayur-sayuran, dan juga belajar manajemen jual beli tanaman hias. Dan untuk memperdalam dan lebih mengetahui lebih jauh tentang kewirausahaan (entrepreneurship), diadakan kegiatan loka karya nyata di Cinagara Bogor selama satu minggu. Lokakarya ini meliputi pertanian, perikanan dan peternakan serta manajemen.

Pada haflah yang pertama (2010), acara diisi dengan khotmil qur’an 3 hari berturut-turut dan juga halaqah yang menghadirkan nara sumber Dr. Abdul Muqsith Ghozali dan Dr. Fahmi Salim, dan diakhiri dengan wejangan dari Prof. Dr. Quraish Shihab. Santri angkatan pertama ini berjumlah 20 orang huffadh. Mereka ini adalah santri pilihan dari pondok pesantren yang berada di Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga Jawa Barat. Para santri ini mendapatkan beasiswa dari Yayasan Lentera Hati. Mereka mendapatkan berbagai fasilitas pe nunjang yang memadahi. Mulai dari tempat yang nyaman, kamar tidur yang ber-AC hingga uang saku.

Di Pondok Pesantren yang beralamat di Pondok Cabe Tangerang Banten ini mereka digembleng selama 6 bulan. Sekarang ini santri tidak hanya berasal dari Jawa saja, tetapi sudah meluas ke Aceh, Sulawesi dan propinsi-propinsi yang lain. Meski merasa puas atas program kali ini, Prof. Dr. Quraish Shihab, MA setidaknya berpesan 3 hal. Yang pertama, para alumni untuk terus mengembangkan, memelihara ilmu-ilmu dan pengalaman mereka selama 6 bulan itu. Yang kedua, para alumni harus istiqomah dalam mengkaji, memahami, mengamalkan hal-hal yang telah dipelajari. Dan yang terakhir,  “Anda harus memiliki kesiapan moral yang tinggi dalam mengembangkan wa- wasan keilmuan yang Anda peroleh selama mengikuti program kali ini,” pesannya. Di akhir haflah diserahkan penghargaan kepada para santri yang ber- prestasi. Mereka adalah Nasrulllah (Jawa Timur), M. Dzikron (Jawa Tengah) Agus Fauzi (Jawa Tengah).

Pesantren Pasca-Tahfizh Bayt Al-Qur’an ini menjadi salah satu dari 18 lembaga yang dipercaya untuk mendapatkan dana kebajikan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank CIMB pada tahun 2013 ini sebesar 2,6 Miliyar.

Para santri di pesantren ini terdiri dari para penghafal al-Qur’an/huffazh dari berbagai lembaga pendidikan tahfizh al-Qur’an di Indonesia, sebanyak 30 orang untuk setiap angkatan, yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Telah hafal al-Qur’an 30 juz.
2. Berpendidikan minimal SLTA/MA atau yang sederajat (madrasah diniyah), atau dinyatakan layak secara keilmuan oleh PSQ (walau tidak berijazah MA atau yang sederajat).
3. Memiliki kemampuan dasar bahasa Arab.
4. Laki-laki dengan usia maksimal 30 tahun, dan minimal 18 tahun.

Bagi yang sudah memenuhi syarat akan diberikan fasilitas berikut:
1. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan memperoleh biaya transportasi ke Jakarta dan kembali ke daerah (1 kali).
2. Fasilitas asrama dengan standar yang telah ditetapkan.
3. Uang saku/ tunjangan studi setiap bulan.
4. Memperoleh bimbingan dan pelatihan secara berkala oleh Tim Pengajar yang telah ditetapkan oleh PSQ.

Sedangkan kewajiban santri adalah:
1. Mengikuti berbagai kegiatan yang telah ditentukan.
2. Berkomitmen untuk belajar keras.
3. Menandatangani kontrak program yang telah disediakan.

Materi yang disampaikan di Pondok Pesantren Bayt al-Quran meliputi beberapa hal berikut :
1. Wawasan keilmuan (tafsir dan ilmu-ilmu al-Quran, dasar-dasar keilmuan Islam) dengan bobot 60%. Materi ini disampaikan dalam bentuk tutorial dalam kelas dan penugasan.
2. Keterampilan dan kewirausahaan (30%) dengan materi yang meliputi aspek-aspek teoritis dan praktik lapangan/magang. Materi-materi kewirausahaan yang bersifat teoritis diberikan oleh para pakar di bidangnya sebanyak 44 jam. Sedangkan keterampilan yang diberikan meliputi Bahasa Arab (44 Jam), Bahasa Inggris (44 jam), Teknologi Informasi, Penulisan Ilmiah dan Public Speaking.
3. Selain itu para peserta juga akan mendapatkan training manajemen kepemimpinan dan motivasi pengembangan diri (10%).

Syarat-syarat Pendaftaran
1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Panitia Pendaftaran.
2. Melampirkan fotokopi ijazah terakhir 1 lembar (bila ada).
3. Mengajukan permohonan yang ditujukan kepada Direktur Pusat Studi al-Quran (PSQ) Jakarta.

Bagi yang berminat silahkan:
* SMS ke nomor 085648414907 (Wafa Fadli) dengan mencantumkan nama lengkap dan tanggal lahir;
* Telepon ke 021-7421661;
* Fax ke 021-7421822;
* Email: info@psq.or.id Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya .
Kelengkapan administrasi pendaftaran dapat dikirim melalui Pos dengan alamat Yayasan Lentera Hati, Pusat Studi Al-Quran, Jln. Kertamukti, No. 63, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan 15419. Telpon 021-7421661. Atau, Fax. 021-7421822. Atau, melalui email: info@psq.or.id.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: