Program Tahfidz Kilat Khusus Putri, Bayt at-Tahfidz wa Al-Qiraat “Cahaya Qurani”

Logo CQ4

Berangkat dari sebuah keyakinan akan kebenaran firman Allah bahwa al-Quran itu adalah kitab suci yang mudah diingat dan dihafal (QS Al-Qamar 17, 22, 32, 40), dan Allah akan melakukan perubahan nasib seseorang setelah dia melakukan perubahan dalam dirinya (QS Ar-Ra’d 11) serta kesuksesan seseorang itu berbanding lurus dengan kadar upaya dan kerja keras yang dilakukan (QS An-Najm 39), Juga terinspirasi dari artikel di blog ini yg berjudul: Tuntas Menghafal 30 Juz dalam Satu Tahun, bisakah? maka berdirilah rumah Rumah Tahfidz Putri Cahaya Qurani yang menawarkan Program Tahfidz Kilat, yakni 2-3 tahun untuk pelajar/mahasiswi dan 1-2 tahun untuk non pelajar/mahasiswi. Rumah tahfidz ini terletak di Jl. Candi VI C / No. 13 Karangbesuki Sukun Malang. Sebelah tenggara kampus UIN Malang (2 km), sebelah utara kampus UM (2m), sebelah barat kampus Univ. Brawijaya (3 km).

Memang untuk memasukkan mega file al-Quran (30 juz, sekitar 600 hal) bukan upaya yang mudah tetapi butuh semangat tinggi, kedisiplinan tinggi, usaha keras, istiqamah dalam kurun waktu yang panjang. Biasanya dibutuhkan waktu untuk menghafal 2-4 tahun untuk santri yang takhassus (fokus menghafal) dan 4-6 tahun untuk non takhassus. Namun faktanya tidak sedikit dari mereka yang bisa menyelesaikan hafalan lebih cepat dari target, yakni 1-2 tahun.Rintisan tahfidz kilat diinspirasi oleh beberapa mahasiswa yang ingin menyelesaikan hafalan al-Quran bersamaan dengan selesainya kuliah mereka, serta tamatan perguruan tinggi yang ingin menghafal dalam waktu singkat agar segera bisa bekerja setelah itu. Kadang orang tua kurang support terhadap anaknya yang ingin menghafal lantaran lamanya waktu yang dibutuhkan, sehingga ia hanya akan mengizinkan bila selesai dalam durasi singkat maksimal 1 tahun.

Syukuran

Alhamdulillah pada tahap pertama ini sudah tersedia 2 kamar yang masing-masing bisa ditempati hanya 4 orang saja. Karena keterbatasan daya tampung ini, maka pengasuh telah menyeleksi dan menerima santri dengan kriteria berikut:

  1. Memiliki kesiapan mental untuk menyelesaikan hafalan 2-3 tahun untuk pelajar/mahasiswi dan 1-2 tahun untuk non pelajar/mahasiswi.
  2. Memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk menghafal
  3. Sudah lancar dan benar dalam membaca al-Quran
  4. Siap untuk dibimbing dan diawasi keseriusannya
  5. Siap untuk meninggalkan kegiatan yang tidak urgen
  6. Siap untuk meninggalkan kegiatan yang tidak ada relevansinya dengan hafalan
  7. Siap mengikuti kegiatan tashih min. 2 x sehari dan muraja’ah bersama min. 2 x sehari

Percepatan hafalan ini akan didukung dengan sistem berikut:

  1. Qiyamul lail bil Quran
  2. Analisis ayat mutasyabihat
  3. Pemahaman mufradat al-Quran
  4. Tadarrus bil ghaib mingguan
  5. Buku pantau target hafalan
  6. Evaluasi kegiatan mingguan
  7. Pendalaman fashahah
  8. Pembiasaan bacaan tartil dengan lagu
  9. Penyegaran motivasi dan problem solving
  10. Pembacaan doa dan amalan penunjang hafalan

Berbagai upaya di atas pasti akan mendapatkan banyak kendala dan hambatan baik dari segi penerapan sistem atau pada diri santriwati sendiri, untuk itu tidak menutup kemungkinan adanya santriwati yang sukses dan gagal. Kami menyadari bahwa banyak faktor/pihak yang mempengaruhi kesuksesan program tahfidz kilat ini yaitu pengasuh, santri, dukungan keluarga, lingkungan, proses pembelajaran, pertolongan Allah.

Harapan kami, program ini dapat mempercepat para remaja muslimat dalam proses menghafal al-Quran dengan kualitas bacaan yang baik. Bila kita ingin menempuh jarak 5 km dengan jalan kaki, maka pada jarak 4 km kita sudah merasakan capek karena target hampir tercapai. Berbeda dengan target jarak 10 km, kita baru akan terasa capek paling tidak di atas 7 km. Hal ini bisa dianalogikan pada dua kasus berikut: kasus pertama, seseorang mentargetkan selesai menghafal dalam 1 tahun dan ternyata bisa dicapai dalam waktu 2 tahun. Kasus kedua, seseorang mentargetkan selesai dalam waktu 5 tahun dan ternyata mampu selesai lebih awal yaitu dalam waktu 3 tahun. Pada kasus kedua, meski lebih cepat dua tahun dari target, ternyata masih kalah dengan kasus pertama meski gagal memenuhi target dari segi lama menghafal.

Ibarat menu, program tahfidz kilat ini adalah satu alternatif dari banyaknya menu-menu menghafal di luar sana. Tentu semuanya baik, tinggal para santri lebih memilih yang mana dengan menyesuaikan kemampuan dan problematika mereka masing-masing. Semoga program ini sukses sebagaimana yang diharapkan, Amin.

NB: Untuk santriwati periode 2013-2014 sudah penuh, bagi yang berminat untuk periode 2015-2016 bisa inden mulai sekarang.

11 Responses

  1. Assalamualaikum
    saya tertarik sekali untuk mengikuti program ini, apakah kuota untuk tahun ajaran 2015/2016 masih ada?

    • Sy tdk tahu apakah akan ada yg keluar thn ini, saran saya daftar antri (inden dulu) sj, sewaktu2 ada yg keluar anda akan dihubungi dan diprioritaskan.

  2. Apakah ada nomor yang bisa dihubungi?

    • Ada, ini nomor ketua pengurus Mba’ Asri 085645304631

  3. Assalamu’alaikum..
    Bagaimana cara mendaftar ke tempat tahfidz ini? Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum..

    • Mhn maaf, krn tempatnya sdh penuh, tdk menerima lagi santri baru hingga para santri tamat 30 juz semua. Doakan ke depan bisa menambah tempat lg, agar daya tampung semakin banyak.

  4. asslamualaikum pak ustad mhon jwbn prtnyaan saya

  5. saya pernah ngobrol sama teman kalau hafalan qur’an trus lupa itu dosanya besar. apa benar pak?

    • Betul dosa besar, jika dlm menghafal atau stlh hafal ada unsur sembrono (tdk serius dan cenderung mempermainkan al-Quran)

  6. saya tertarik sekali dengan tahfidz pada saat kelasa9 awal ini saya hanya dapat mengahal satu juz .. Mungkin apabila saya masuk sekolah ini saya lebih bisa fokus dengan hafalan karena di pondok saya sekarang terlalu banyak pkiran seperti organisasi dan sebagainya.. Saya sangat termotivasi untuk itu… Bolehkah saya mndaftr?? Dan meminta alamat yg jelas.??

    • Utk kuota pertama (8 santriwati) sdh terpenuhi, tp boleh daftar inden utk antisipasi ada yg mundur. Lokasinya di: Jl. Candi VI C / No. 13 Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang Jatim, dekat UIN Malang

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: