Kuliah Sambil Menghafal Cukup Sembilan Bulan Tuntas

BTCq 1

Alhamdulillah pada hari Jumat, 27 Juni 2014 (dua hari menjelang Ramadhan 1435 H) Bayt at-Tahfidz Cahaya Qurani (BTCQ) menggelar acara tasyakuran khotmil Quran untuk Mba’ Vinda Nafilatuz Zahro sekaligus acara Megengan (acara menyongsong datangnya bulan suci Ramadlan). Acara ini dihadiri para santriwati BTCQ sekaligus dihadiri para santriwati PP Sabilur Rasyad Gasek Karangbesuki Malang dengan taushiyah Ust. Abdul Aziz Husein (dewan Pengasuh PP. Sabilur Rasyad).

Acara ini istimewa karena yang santriwati yang khatam bil ghaib yaitu Vinda Nafilatuz Zahro mampu menyelesaikan hafalannya di BTCQ kurang dari enam bulan sejak di masuk awal Januari 2014 yang lalu, meski sebelumnya sudah membawa hafalan 10 juz. Berarti dalam waktu enam bulan dia dapat menyelesaikan 20 juz (atau 10 juz dalam tiga bulan), sehingga kalau dirata-rata sembilan bulan tuntas untuk keseluruhan. Padahal dia masih berstatus sebagai mahasiswi aktif jurusan Sastra Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.  Apa rahasianya? dia menjawab: kerja keras dan efektif dalam penggunaan waktu adalah kuncinya.

Sejak awal dia bersama kawan-kawannya di BTCQ ditarget untuk bisa selesai maksimal 1 tahun, sehingga pembuatan setoran baru tidak boleh kurang dari 2 halaman perhari, dan murajaah harian tidak boleh kurang dari 3 juz perhari, dengan kesungguhan inilah mengantarnya bisa lebih cepat dari target. Sebelumnya, Siti Qoyyimah juga bisa selesai dalam waktu 4 bulan meskipun sambil kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dengan fakta ini, dapat disimpulkan bahwa menghafal al-Quran itu tidak harus lama meskipun sambil kerja maupun kuliah, asalkan ada kesungguhan dan ada guru yang membimbing.

5 Responses

  1. Kalau tidak ada guru yang membimbing bagaimana caranya pak ustadz?

    • Caranya selalu dengarkan kaset murottal, laluhafalkan mirip itu, kemudian rekam hafalan anda, lalu putar dan cocokkan dg mushaf al-Quran, begitu seterusnya, jgn lupa targetkan dan berkomitmen utk mengejar target itu.

    • Alhamdulillah,, Jazakumullah tips nya pak Ustadz.. :)
      Salam silaturrahim dari Madura :)

    • Salam kenal juga dari saya, semoga suatu ketika dipertemukan Allah, Amin.

    • Aamiin ya Robb :)

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: