KISAH HIDUPKU (20)


Pasca pengumuman penerimaan CPNS

Setelah lama menunggu, akhirnya pengumuman penerimaan CPNS itu datang juga. Sesaat kemudian semua berkas yang dibutuhkan dikirim ke Jakarta. Namun, ketika semua berkas dari teman-teman satu angkatan (sekitar 30 orang) dikirim ke Jakarta, ada informasi bahwa empat orang tidak mengirim berkas secara lengkap di antaranya saya. Alangkah terkejutnya, bahwa berkas yang sudah saya teliti dan saya anggap lengkap itu ternyata ada yang hilang, yaitu fotokopi ijazah. Akhirnya, saya harus ngongkosi orang yang pergi ke Jakarta utnuk mengurus kekurangan berkas itu. Dan alhamdulillah akhirnya beres juga.Biasanya, orang yang mendaftar untuk mengikuti ujian PNS itu harus menggunakan uang pelicin yang diberikan kepada pihak-pihak yang dipandang memiliki otoritas untuk meluluskan. Atau kalau tidak sebelum ujian, beberapa lembaga khususnya yang di bawah naungan Depag/Kemenag memotong secara sepihak gaji rapelan dari orang yang telah diterima sebagai CPNS. Besarannya antara 3 -5 juta perorang. Macam-macam alasannya, ada yang bilang untuk pengurusan berkas ke Jakarta, untuk tasyakkuran lembaga, atau untuk memberikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang meloloskan, meskipun itu omong kosang semua. Intinya budaya orde baru yang memeras orang yang diterima sebagai CPNS, terus berlangsung.

Tetapi di Universitas Negeri Malang, alhamdulillah tidak dijumpai budaya-budaya “kotor” semacam itu. Bahkan lembaga secara tegas menolak untuk memeras para CPNS dan sepeserpun tidak meminta kepada mereka. Hanya saja, kami sendiri yang berinisiatif untuk memberikan parcel yang berisi buah-buahan kepada pegawai administrasi yang selama ini membantu kami, hanya itu saja.

Kadang saya heran kenapa lembaga yang mengurusi masalah agama kalah jauh dengan lembaga sekuler dari aspek kejujuran, transparansi, akuntabilitas.

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: