Percikan Hikmah


Percikan Hikmah 20 Maret 2011

Kalau anda mengenal Allah sebesar apapun persoalan yg dihadapi akan ringan, sebaliknya tanpa kenal Allah sekecil apapun masalah yg dihadapi akan terasa besar (اذا عرفت الله فأنت أكبر من أكبر مشكلة، واذا لم تعرفه فأنت اصغر من اصغر مشكلة)

Bukanlah orang yg jatuh itu pasti gagal, yg jelas gagal adlh org yg tdk mau bangkit dr jatuh (ليس سُقوط المرء فشلاً، إنما الفشل أن تبقى حيث تسقط)

Anda tdk akan menikmati dan merasakan bahagia kecuali anda mau berbagi dg org lain (لن تستمتع بالسعادة إلا إذا تقاسمتها مع الآخرين)

Sesuatu yg paling berharga pd diri wanita adalah menjaga harga diri ( لا شيء في (الوجود يرفع قدر المرأة مثل العفة.

Jangan pernah iri pd rizki org lain, krn dlm diri anda ada rizki yg jauh lebih banyak, hanya saja tdk disadari (لا تحسد احدا على ما عنده،

فعندك اكثر،ولكن لا تعلم)

Sahabat Ibn Abbas pernah berkata: Seandainya aku mampu memberi makan org yg lapar dan memberi baju org yg telanjang, sungguh hal itu lebih aku dambakan daripada menunaikan ibadah haji (عبد الله بن العباس: لأن أعول أهل بيت من المسلمين أسدّ جوعتهم وأكسوا عورتهم فاكفّ وجوهم عن الناس أحب إليّ من أن أحج حجة وحجة ومثلها ومثلها)

Menurut Imam Ibn Taymiyah: Di dunia itu terdapat surga, siapa yg memasukinya pasti akan masuk ke dalam surga di akherat, yaitu cinta Allah dan senantiasa dzikir (قال ابن تيمية: إن في الدنيا جنة من لم يدخلها لم يدخل جنة الآخـــرة وهي جنة محبة الله ودوام ذكره)

Hidup serba kecukupan itu tdk selamanya maslahah utk kehidupan, demikian jg dg ketenaran, bukan parameter kejayaan seseorang

الكثرة لا تعني صلاحاً والشهرة ليست ميزاناً للرجال

Percikan  (Senin, 15 Juni 2009)

Ciptakan Kesuksesan Untuk Kita dan Orang Lain

Tidak ada jaminan seorang ustadz akan melahirkan anak yang menjadi ustadz atau dokter melahirkan dokter. Kepuasan orang tua biasanya ingin anaknya memiliki profesi atau kesuksesan yang sama dengan dirinya, itu manusiawi dan cita-cita mulia. Agar cita-cita tersebut tercapai, kita orientasikan itu untuk obyek yang lebih banyak. Artinya, ketika seseorang mendidik banyak orang untuk menjadi ustadz, termasuk anaknya sendiri, maka pastilah ada salah satu atau lebih dari mereka yang mencapai sesuai harapan kita. Di sini tidak terlalu penting, apakah yang sukses anak kita atau orang lain, akan tetapi yang terpenting adalah kita telah menjadi jembatan kesuksesan orang lain. Itu sebuah kemulyaan di sisi Allah. Hakikatnya kita merencanakan, Allah yang memutuskan.

Ingin lebih lengkap? klik Kumpulan Kata Mutiara Inspiratif Motivatif Islami

Percikan Hikmah 22 April 2010

The object of teaching a child is to enable him to get along without his teacher. ~Elbert Hubbard (Tujuan pembelajaran anak adalah menjadikan mereka mampu hidup mandiri tanpa guru).

Who dares to teach must never cease to learn. ~John Cotton Dana (Siapa yang berani menjadi guru, dia harus terus menjadi murid/belajar)

A teacher is a compass that activates the magnets of curiosity, knowledge, and wisdom in the pupils. ~Terri Guillemets (Seorang guru bagaikan kompas yang memutar magnet keingintahuan, pengetahuan dan kebijaksanaan pada murid-muridnya)

Top of Form

A teacher affects eternity; he can never tell where his influence stops. ~Henry Brooks Adams (Seorang guru memberikan pengaruh sepanjang masa, dia tak pernah mengatakan, sampai mana nanti pengaruhnya akan terhenti)

Good teaching is one-fourth preparation and three-fourths theater. ~Gail Godwin (Guru yang baik adalah seperempatnya persiapan, tiga perempatnya bermain peran)

The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires. William Arthur Ward (Guru biasa menyampaikan, guru bagus menjelaskan, guru pintar memperagakan, guru hebat menginspirasi peserta didik).

Allah maha tahu atas semua keinginan kita, termasuk yg blm pernah terucap dalam doa kita. Asalkan kesibukan kita utk-Nya, pasti ia akan memberi yg terbaik utk kita. (من شغله ذكري عن مسألتي أعطيته أفضل ما أعطي عبادي الصالحين)

Apa yang menjadi domain tuhan, jgn kita intervensi, biar hidup kita jadi rileks. Masalah jodoh, pekerjaan, santai2 saja mikirnya, ok? (أرح نفسك من التدبير فما قام به غيرك لا تقم به)

Tidak setiap orang yang mencintaimu, cinta dengan tulus. Tidak semua orang yang mengidolakanmu, jernih mencintaimu. Karena ketulusan itu adalah watak yang berproses dan berbentuk. Watak itu akumulasi dari kejujuran, objektifitas, tepat janji, pertemanan yang lama.

Kata Imam Syafii: kalaupun aku bukan golongan manusia pilihan, barangkali sudah cukup bagiku menjadikan mereka sebagai “idola” agar kebaikanku seperti mereka.

Kata Imam Syafi’i: pengalaman hidup terindah yang melebihi pesona jumpa artis dan lembutnya pelukan adalah bercengkerama dengan ilmu (سهري لتنقيح العلوم ألذ لي من وصل غانية وطيب عناق). Bisakah kita meniru beliau?

Batu celak itu awalnya senasib dengan batu-batu lain yang dicampakkan orang, tapi setelah melalui “penempaan/riyadlah”, akhirnya menjadi penambah nilai kecantikan dan kesunnahan dan bertahta antara alis dan kelopak mata. Yuk kita tiru celak yuk.

Imam Syafii pernah bersyair: إن الفقيه هـو الفقيـه بفعلـه ليس الفقيـه بنطقـه ومقالـه (Orang alim itu tdk cukup hanya alim ucapan dan pikirannya, melainkan alim amaliahnya), satukan ilmu dan amal dalam pribadi kita.

Percikan Hikmah 2 (Rabo, 17 Juni 2009)

Malu yang sesungguhnya adalah ketika ada orang yang secara ekonomi dan intelektual jauh di bawah kita, namun secara etika dan kepatuhan pada tuhan jauh di atas kita.  Gatot (40 th), seorang  pengembara dari Kediri ke Malang dengan mengendarai sepeda ontel hanya ingin menghadiri acara Istima’ al-Quran. Dia melakukan itu sebulan sekali dalam waktu lebih dari 2 tahun. Tidak malukah kita dengan orang semacam dia?

Percikan Hikmah 3 (17 Juni 2009)

Pertemuan sedikit tapi berkualitas, jauh lebih bermakna daripada sering tapi kurang bermakna. Setahun sekali bertemu dengan keluarga di desa dengan memberikan sesuatu yang bermakna bagi mereka, membuat pertemuan pertemuan kita semakin abadi dan harmonis bersama mereka.

One Response

  1. asslm. salam kenal dari gun2 di bogor. Izin copas ya pak tulisan2nya juga puisinya. haturnuhun

Tulis komentar/Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: